Indeks Bisnis UMKM BRI Triwulan III 2024: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat, Perlu Penguatan Daya Beli
Peran penting AgenBRILink dalam menyediakan akses keuangan hingga ke seluruh pelosok Tanah Air terbukti mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas.--
dirasakan sangat memberatkan bagi sebagian pelaku bisnis UMKM,” pungkas Supari.
Informasi Tentang Survei
Survei Kegiatan Usaha dan Sentimen Bisnis UMKM BRI memiliki sampel lebih dari 7.084
responden UMKM yang tersebar di semua sektor ekonomi dan di 33 provinsi. Pemilihan sampel
dilakukan dengan menggunakan metode stratified systematic random sampling, sehingga dapat
merepresentasikan sektor usaha, provinsi dan skala usaha. Survei ini dilakukan oleh BRI
Research Institute pada tanggal 20 September 2024 sampai dengan 02 Oktober 2024.
Wawancara dilakukan melalui telepon dengan pengawasan mutu yang ketat sehingga data yang
terkumpul valid dan reliable.
Informasi yang dikumpulkan dalam survei ini adalah persepsi pelaku usaha UMKM terhadap
perkembangan dan prospek perekonomian secara umum, sektor usaha responden serta
perkembangan dan proyeksi kinerja usaha responden. Informasi ini digunakan untuk menyusun
Indeks Bisnis UMKM (IB), Indeks Sentimen Bisnis (ISB) serta Indeks Kepercayaan Pelaku (IKP)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: