Kawanan Gajah Datang Lagi, Belasan Hektare Kebun Pisang Rusak

Kawanan Gajah Datang Lagi, Belasan Hektare Kebun Pisang Rusak

Kawanan gajah yang berada di kebun milik warga Pekon Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Kelompok hewan berbelalai ini merusak belasan hektare tanaman. FOTO DOKUMEN PEKON SUKAMARGA--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Konflik gajah dan manusia di Pekon Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung Barat tak kunjung berakhir. Kerugian yang dialami masyarakat cukup besar, berupa rusaknya tanaman pisang, pepaya dan lainnya.

Peratin Sukamarga Jaimin mengungkapkan, kawanan gajah tersebut sempat digiring cukup jauh ke dalam hutan rimba. Namun kembali lagi mendekati areal perkebunan warga.

Bahkan saat ini berada di sekitar perkebunan milik tiga warga, yakni Saman, Sulaiman dan Suwani. Luasnya sekitar dua hektare, berupa kebun pisang dan pepaya.

"Dampak konflik yang terjadi berupa tanaman milik warga rusak. Sebagian besar tanaman pisang dan pepaya. Dalam kurun waktu dua bulan terakhir, ada sekitar 15 hektare yang dirusak gajah. Termasuk kebun milik tiga warga, lokasi keberadaan kawanan gajah hari ini," kata Jaimin.

Menurutnya, upaya Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Konflik Gajah Suoh yang dikomandoi pihak Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Resort Suoh, termasuk keterlibatan anggota DPRD, TNI, Polri belum maksimal menjauhkan kawanan gajah.

"Karena itu kami sangat berharap bantuan dari pihak-pihak terkait. Termasuk kerjasama dari pekon lain yang sering terdampak, seperti Gunungratu dan Bumi Hantatai. Sama-sama melakukan penggiringan,” tegasnya. (nop/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: