Serba-Serbi Absensi Online Berbasis Android dan iOS

Serba-Serbi Absensi Online Berbasis Android dan iOS

Absensi online berbasis Android dan iOS ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat luas sejak beberapa tahun belakangan ini.

Bagi perusahaan-perusahaan yang sangat peka terhadap perkembangan teknologi, tentunya sudah menggunakan absensi online berbasis Android ini untuk mencatat kehadiran para karyawannya.

Maraknya absensi online ini, dapat dikatakan mulai dari tahun 2020 saat wabah virus Covid-19 menyebar.

Dengan adanya wabah yang mendunia ini membuat perusahaan terpaksa untuk mempekerjakan karyawannya untuk work from home (WFO) sehingga sistem absensi karyawan harus berubah dari manual menjadi absensi online.

BACA JUGA:Dua Begal Dihajar Massa di Jalan R.A Basyid Dibawa ke RS Bhayangkara, Begini Kronologisnya

Pengertian Absensi Online Berbasis Android dan iOS

Absensi online berbasis Android dan iOS mengacu pada perangkat lunak yang fungsinya untuk mencatat kehadiran karyawan hanya melalui gawai Anda. Biasanya absensi online seperti ini menggunakan sistem cloud yang terhubung pada database secara real-time. 

Dengan begitu, sistem akan secara otomatis menyimpan data absensi karyawan tanpa perlu adanya rekapitulasi data, serta terhubung dengan data karyawan jenis lainnya sehingga penghitungan upah dapat dilakukan secara otomatis.

Absensi dengan sistem cloud ini juga dapat melakukan pelacakan lokasi karyawan dan dapat mengenali wajah, sidik jari, dan lainnya karyawan sehingga karyawan tidak dapat melakukan kecurangan dalam perihal absensi online berbasis Android dan iOS.

BACA JUGA:Simak! Ini Cara Pendaftaran PPDB SMA/SMK 2022 di Lampung

Data dari absensi kehadiran online melalui gawai ini dapat dilihat kapanpun dan di mana pun asalkan Anda terkoneksi dengan internet. Sangat jelas terlihat bahwa absensi online berbasis Android dan iOS ini sangat membantu pekerjaan HRD.

Aplikasi ini juga menguntungkan bagi karyawan karena sistem ini memungkinkan karyawan untuk mengajukan cuti secara online.

Saat proses pengajuan cuti, karyawan hanya perlu mengisi formulir cuti yang sudah tersedia di aplikasi sehingga pengajuan dan persetujuan cuti dapat dilakukan melalui aplikasi saja.

BACA JUGA:BREAKING NEWS!! Dua Pelaku Begal Dihajar Massa Satu Meninggal Dunia, Lainnya Sekarat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: