Tak Lolos SBMPTN, Ribuan Peserta Incar SMMPTN Universitas Lampung

Tak Lolos SBMPTN, Ribuan Peserta Incar SMMPTN Universitas Lampung

Foto simanila.unila.ac.id--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID Peminat seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri (SMMPTN) Universitas Lampung langsung melejit. Hinga saat ini, tercatat ribuan peserta yang mendaftar.

Humas PMB Unila Muhammad Komaruddin mengatakan, sebelum SBMPTN diumumkan, jumlah peserta SMMPTN baru 400 orang.

Namun setelah SBMPTN diumumkan, peminatnya mencapai seribuan lebih. Pendaftaran sendiri berakhir,Senin 27 Juni 2022.  

"Mungkin karena habis pengumuman SBMPTN. Jadi yang mendaftar SMMPTN Unila langsung melejit naiknya. Dari sekitar 400, sekarang pilihan ada 1.209 pendaftar dan pilihan dua 1.000 orang,” kata Muhammad Komaruddin, Minggu 26 Juni 2022.

BACA JUGA: Catat! Ini Alur Registrasi untuk Peserta yang Lulus UTBK SBMPTN Universitas Lampung

Muhammad Komaruddin menuturkan, jumlah tersebut akan terus bertambah. Mengingat pendaftar SBMPTN Unila 2022 mencapai 15 ribu lebih peserta dengan jumlah yang lolos hanya 5755 orang.

"Insya Allah akan terus bertambah. Karena kita tahu, persaingannya sangat ketat kemarin di SBMPTN. Kemungkinan yang tidaklolos, menemput jalur mandiri,” sebut Muhammad Komaruddin .

Diketahui, tahun ini Unila menyiapkan kuota 11 ribu lebih mahasiswa baru dengan tiga jalur penerimaan. Terdiri dari SNMPTN  SBMPTN  dan SMMPTN.

Universitas Lampung (Unila) masih membuka penerimaan mahasiswa baru melalui  SMMPTN jalur Barat atau Mandiri hingga Senin 27 Juni 2022.

BACA JUGA: Selamat, 5.755 Peserta Lolos UTBK SBMPTN Universitas Lampung

Humas Penerimaan Mahasiswa Baru Muhammad Komarudin mengatakan, para peserta yang gagal saat UTBK nanti masih bisa melanjutkan melalui jalur Barat. Pendaftarannya sudah dibuka sejak April lalu.

"Jadi bukan skor terkecil. Misalnya ada seribuan peserta masuk dalam satu prodi, tetapi kuotanya hanya 100. Maka peserta yang gagal ini bukan berarti nilainya bisa dipakai mandiri. Tetapi harus mengikuti SMMPTN jalur Barat," Muhammad Komaruddin, Minggu 5 Juni 2022.

Muhammad Komaruddin mengungkapkan, kuota untuk jalur mandiri ini disiapkan sebesar 30 persen dari total penerimaan.

Berdasar program panitia pusat untuk jalur lain seperti  SMMPTN Barat yang sudah diluncurkan pada 26 Februari 2022 juga tidak kalah menarik. 

BACA JUGA: Janji ya Pak, Jalan Penghubung Lampung Barat-Tanggamus Diperbaiki

Program tersebut bakal diikuti 25 perguruan tinggi negeri yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Kementerian Agama.

“Pada program ini, Unila akan menerima sekitar 2.500 sampai tiga ribu mahasiswa melalui jalur SMMPTN Barat. Tapi nanti kuota tersebut dimaksimalkan atau tidak, itu juga melihat yang mendaftar ulang di jalur SNMPTN dan SBMPTN,” sebut Muhammad Komaruddin.

Muhammad Komaruddin melanjutkan, teknis pelaksanaan hal tersebut digelar secara langsung dengan ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan di fakultas-fakultas maupun laboratorium TIK Unila. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: