Pilkades Serentak Bisa Pakai Anggaran DD

Pilkades Serentak Bisa Pakai Anggaran DD

Kadis PMD Lampura, Abdulrahman saat bersosialisasi Pilkades serentak di 22 kecamatan Kabupaten Lampura--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas pemberdayaan masyarakat dan Desa (PMD) melakukan sosialisasi Pemilihan kepala desa serentak tahun 2023, di aula Pertanian Kelapa tuju Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara (Lampura), Selasa 14 Maret 2023.

Dalam kegiatan sosialisasi ini Kita berharap panitia dapat bekerja ekstra, dalam mengatasi segala kemungkinan potensi konflik dilapangan. Khususnya masalah ijasah," ujar Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Fadli Ahmad saat membacakan sambutan Bupati Budi Utomo membuka rapat koordinasi panitia.

Yang seharusnya dilakukan pada 13 Maret 2023 lalu, karena satu dan hal lainnya sehingga diundur hari ini. 

Sementara di desa yang menggelar Pilkades, tetap dilakukan sesuai tahapan yaitu pengumuman pendaftaran bakal calon diagendakan 14 - 27 Maret 2023 mendatang. 

BACA JUGA:Pasca Bencana Banjir, Polres Lampura Bagian Ratusan Paket Sembako

Hal itu merujuk surat keputusan Bupati No.B/182/25 - LU/HK/2023 tentang perubahan atas keputusan Bupati sebelumnya tentang jadwal dan tahapan Pilkades serentak tahun 2023.

"Sesuai tahapan, didesa menggelar pembukaan pendaftaran bakal calon," tambah Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampura, Abdurahman SH.,MH.

Sebab, kata dia, dapat menimbulkan potensi masalah seperti belakangan terjadi di Desa Subik, Kecamatan Abung Tengah pasca Pilkades lalu. Namun saat ini telah menemukan titik terangnya. Dengan dikeluarkan surat Kemendagri terbaru. 

"Alhamdullillah hingga saat ini apa yang menjadi keputusan pantia tetap dilaksanakan. Yakni, menjadikan Kepala Desa dari pemenang kedua Pilkades lalu yang sebelumnya telah melalui rembuk desa. Dalam memutuskan kepemimpinan kedepannya," terangnya sekaligus menjawab pertanyaan masyarakat akan kepemimpinan pemdes disana.

BACA JUGA:Wabub Lampura Serahkan Sertifikat Program PTSL

Tidak sampai disana, dijelaskannya permasalah yang sering timbul serta berpotensi menyebabkan konflik lainnya berdasarkan pengalaman Pilkades lalu ialah masalah daftar pemilih tetap (DPT). 

Sehingga diharapkan panitia desa dapat berkerja sunggu - sungguh di lapangan, guna meminimalisir potensi konflik yang mana akan menciderai Pilkades serentak yang dan kondusif tersebut.

"Itu yang menjadi arahan kepala daerah, Bupati Bapak Budi Utomo dan Wakil Bupati Bapak Ardian Saputra. Mari sama - sama kita dukung Pilkades didaerah kita, dengan menjaga kondusivitas dilingkungan nya masing - masing, khususnya di 91 desa melaksanakan serentak tahun ini di Lampura," kata dia.

BACA JUGA:Masa Perbaikan Jalan Amblas, Pengendara Dapat Melintas Jalan Alternatif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: