UMKM Binaan BRI Buktikan Kekuatan Produk Lokal di Kancah Global, Tembus FHA Food & Beverage 2025
UMKM lokal Indonesia binaan BRI mengikuti pameran internasional di Singapura pada ajang FHA Food & Beverage 2025. FOTO DOKUMEN BRI--
Meski penuh optimisme saat membangun L`île Chocolate, Priscilla tetap tak luput dari tantangan besar yang sempat membuat usahanya nyaris terhenti total.
“Masa pandemi menjadi masa yang sangat berat. Padahal sebelumnya kami sudah mulai punya banyak buyer internasional, bahkan sempat kirim produk ke London dan beberapa wilayah di UK. Tapi saat pandemi datang, semua buyer menghilang, dan membuat kegiatan ekspor berhenti total,” ungkap Priscilla.

UMKM lokal Indonesia binaan BRI mengikuti pameran internasional di Singapura pada ajang FHA Food & Beverage 2025. FOTO DOKUMEN BRI--
Situasi tersebut membuat usahanya sempat berada dalam kondisi ‘mati suri’. Namun alih-alih menyerah, Priscilla memilih untuk bertahan dan terus mencari cara agar bisnisnya bisa kembali bangkit.
Proses pemulihan tentunya tidak terjadi seketika. Ia mulai menata ulang strategi bisnis secara perlahan, salah satunya dengan memperkuat pasar lokal terlebih dahulu sebagai fondasi untuk tumbuh kembali.
BACA JUGA:Melalui Asisten Virtual BRI 'SABRINA' Cek Saldo hingga Cari Merchant Terdekat Makin Mudah
Dari segi pertumbuhan bisnis, awalnya memang berjalan lambat. Namun, pihaknya sangat terbantu dengan keberadaan kafe di Padang yang menjual produk turunan cokelat seperti kue, minuman, dan cookies.
Ia juga menyebutkan bahwa permintaan dari pembeli internasional terus meningkat, terutama melalui produk unggulan mereka.

UMKM lokal Indonesia binaan BRI mengikuti pameran internasional di Singapura pada ajang FHA Food & Beverage 2025. FOTO DOKUMEN BRI--
Seperti chili chocolate cassava rocher, cokelat khas lokal yang berisi singkong balado sebagai pengganti kacang hazelnut seperti pada Ferrero Rocher.
Selain itu, ia menambahkan bahwa penjualan juga telah merambah ke segmen Horeka seperti resort-resort di Mentawai dan Bali.
BACA JUGA:Punya Rumah Tanpa Ribet ala Generasi Muda dengan KPR BRI
“Di sisi lain, pandemi juga membuka jalan baru untuk kami. Saat salah satu buyer dari London membatalkan pesanan, kami melihat peluang untuk masuk ke pasar retail Jakarta,” imbuhnya.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:
