Penjualan Ritel Daihatsu Tahun 2021 Tembus 151 Ribu Unit

Senin 17-01-2022,16:20 WIB
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Penjualan ritel Daihatsu dengan raihan 151.107 unit, dengan market share sebesar 17,5 persen sepanjang 2021. Capaian ini juga menjadi catatan penting bagi Daihatsu, karena berhasil mampu mempertahankan posisi ranking 2 selama 13 tahun berturut-turut dalam penjualan ritel otomotif nasional sejak 2009. Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menuturkan, bila membandingkan dengan capaian tahun 2020 lalu, penjualan ritel otomotif Indonesia di tahun 2021 mencapai sekitar 863 ribu unit, atau naik 49,2 persen dibandingkan tahun 2020 sekitar 578 ribu unit. Sejalan dengan kenaikan pasar ini, lanjutnya, penjualan ritel Daihatsu juga mengalami kenaikan menjadi 151 ribu unit, atau naik 51,1 persen dibandingkan tahun 2020 lalu di angka sekitar 100 ribu unit. \"Untuk market share, penjualan ritel Daihatsu juga mengalami kenaikan menjadi 17,5 persen, atau naik sebesar 0,2 persen dibandingkan tahun 2020 lalu sebesar 17,3 persen,\" ujarnya dalam keterangan resminya. Ia menjelaskan, salah satu faktor utama kenaikan signifikan ini adalah berkat adanya dukungan pemerintah terhadap industri otomotif melalui PPnBM DTP yang berlangsung sejak Maret-Desember 2021. Selain itu, tambah Hendra, sepanjang tahun 2021 terdapat kemunculan puluhan produk baru yang mewarnai industri otomotif tanah air, khususnya Daihatsu dengan kehadiran Rocky pada April, Terios Eco Idle di Bulan September, dan All New Xenia di November. Ia mengatakan, selama tahun 2021 juga, terdapat 10 model teratas mobil berpenumpang paling laris, yang mana 50 persen diantaranya model yang merupakan hasil produksi ADM (PT Astra Daihatsu Motor), seperti Avanza, Rush, dan Calya untuk brand Toyota, serta Sigra, dan Ayla untuk brand Daihatsu. Hendra menambahkan, model Daihatsu yang paling menjadi favorit pelanggan adalah Gran Max Pick Up yang terjual sekitar 39 ribu unit, dan Sigra sekitar 38 ribu unit, disusul model Daihatsu lainnya. “Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan peringkat 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 13 tahun berturut-turut. Semoga capaian positif ini dapat terus berlangsung, dan pasar otomotif nasional tahun 2022 ini dapat terus bergairah,” tutupnya. (rur/rls/sur)

Tags :
Kategori :

Terkait