Pertama dari Indonesia, Itera jadi Anggota Liga Kampus Kota Pelabuhan Dunia

Rabu 16-10-2019,10:58 WIB
Editor : Kesumayuda

radarlampung.co.id -  Institut Teknologi Sumatera (Itera) resmi menjadi perguruan tinggi pertama dari Indonesia yang menjadi anggota Liga Kampus-kampus Kota Pelabuhan Dunia atau Port-City Universities League (PUL).

Hal tersebut ditandai dengan diundangnya Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin M.Sc., Ph.D., beserta Koordinator Program Studi (Prodi) Teknik Kelautan Itera, Dr. Eng Hendra Achiari, dalam agenda The 13th PUL Meeting yang diadakan di Shandong University, Qingdao, Tiongkok, 15-16 Oktober 2019.

Itera yang sebelumnya diundang dengan status observer bersama University College Cork (UCC) Irlandia, diputuskan secara resmi sebagai dua anggota baru PUL.

Adapun anggota PUL sebelumnya terdiri dari 17 kampus kota pelabuhan dunia, di antaranya Shanghai Jia Tong Univeristy, Ho Chi Min City of Technology-Vietnam, Univeristy of Southamton-UK, University of Sao Paulo-Brazil, University of British Columbia Vancouver Canada, Yokohama National University Jepang, King Abdul Aziz University-Saudi Arabia, Indian Institute of Technology, Madras India, University of Lisbon-Portugal, Istambul Technical University-Turki, Incheon National University-Korea.

Pertemuan organisasi yang menghimpun kampus-kampus yang berada di kota pelabuhan dunia ini dibuka Presiden Shandong University, Qingdao, Prof. Han Shenghao dan ketua sekretariat PUL dari Yokohama National University (YNU) Jepang, yang diwakili oleh Vice Presiden YNU Prof. Fumihiko Nakamura.

Di sela-sela pertemuan tersebut Rekor Itera Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D., juga melakukan pembicaraan bilateral dengan President Shandong University China dan Wakil Rektor YNU Jepang, secara terpisah.

Pada sesi Management Meeting PUL, Rektor Itera berksesempatan melakukan presentasi untuk mengenalkan kampus Itera pada anggota PUL lainnya.

Ofyar juga menjelaskan posisi straregis kampus Itera di tengah-tengah mobilitas pelayaran internasional maupun regional yang melewati Pulau Sumatera, Indonesia.

“Dengan bergabungnya Itera dalam organisasi dunia PUL, diharapkan kerjasama riset khususnya di bidang maritim di Itera dapat lebih ditingkatkan. Selain itu, kerjasama tersebut juga diharapkan dapat membuka peluang pertukaran dosen dan mahasiswa Itera dengan perguruan tinggi anggota PUL,” tandasnya. (gie/rls/kyd)

Tags :
Kategori :

Terkait