HKN ke-55 Momentum Ingatkan Peran Keluarga Wujudkan Indonesia Sehat

Senin 18-11-2019,17:33 WIB
Editor : Kesumayuda

radarlampung.co.id - Pemprov Lampung menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Lantai III Balai Keratun, Pemprov Lampung, Senin (18/11). Dalam kegiatan ini, Pemprov mengajak semua pihak mewujudkan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.

Kegiatan bertajuk Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga. Tema ini menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

\"Dengan kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan berbagai kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang Sehat dan Lampung Sehat khususnya,\" ujar Sekprov Lampung Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Fahrizal melanjutkan, selain penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait. Terlebih dengan diterbitkanmya Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2019 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

\"Dengan semangat melayani, semangat menggerakan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan kesehatan kita,\" jelaa Fahrizal.

Dengan kegiatan ini, pihaknya berharap Peringatan HKN ke-55 sebagai momentum untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat seluruh masyarakat Lampung untuk lebih memberi makna akan pentingnya kesehatan.

Hal ini juga sebagai salah satu paya mewujudkan salah satu Visi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Rakyat Lampung Berjaya (Aman, Berbudaya, Maju dan Berdaya Saing, Sejahtera).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menambahkan, tujuan diadakannya peringatan HKN tahun ini adalah momentum pengingat publik bahwa derajat setinggi tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan.

Hal itu bisa dilakukan dengan memprioritaskan promotif – preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Germas. “Dan diharapkan masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat,\" ujar Reihana.

Acara HKN ini merupakan puncak dari rangkaian yang telah dilakukan dalam rangka memeriahkan HKN tahun 2019. Beberapa rangkaian acara yang telah dilakukan di antaranya, Videoconference dengan Menteri Kesehatan, seminar kesehatan, lomba olah raga rakyat, dan penilaian serta pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan Provinsi Lampung tahun 2019.

Adapun beberapa kategori yang menerima penghargaan pada peringatan HKN 2019 ini adalah Kategori Tenaga Dokter, Kategori Tenaga Perawat, Kategori Tenaga Bidan, Kategori Tenaga Kesehatan Masyarakat, Kategori Tenaga Kesehatan Lingkungan, Kategori Tenaga gizi, Kategori Tenaga farmasi.

Ada pula Penilaian Kelompok Asuhan Mandiri yang dibagi menjadi dua yaitu Kategori Puskesmas wilayah pedesaan dan Katergori Puskesmas Wilayah Perkotaan. (rma/kyd)

Tags :
Kategori :

Terkait