Pembangunan Sutet 275 kV Gumawang - Lampung 1 Tahap Uji Publik

Rabu 21-09-2022,21:15 WIB
Reporter : Rimadani Eka Mareta
Editor : Yuda Pranata

radarlampung.co.id - Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) 275 kV Gumawang-Lampung 1 akan dibangun di Lampung.

Hal ini guna mendukung pembangunan sutet tersebut, sebanyak 402 tapak akan dibangun di beberapa daerah yang dilewati, di Lampung.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda provinsi Lampung, Kusnardi yang ditemui di Kantor Gubernur Lampung, Rabu 21 September 2022 mengatakan saat ini proses pembangunan sutet adalah tahapan uji publik.

"Sekarang tahap persiapan, sekarang kita dari uji publik, setelah ini baru proses perencanaan pembebasan lahannya. Setelah clear baru kita akan bangun," kata Kusnardi. 

BACA JUGA:Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Mesuji Maksimalkan Pelayanan

Berdasarkan data yang diterima Radar Lampung, dari 402 tapak yang akan dibangun. Sebanyak 337 tapak tower akan berdiri dilahan milik warga dan 65 tapak tower akan berdiri dilahan perusahaan.

Beberapa titik lokasi tapak juga melewati lahan milik warga sendiri berada di Mesuji dengan jumlah 22 tapak, Tulangbawang sebanyak 10 tapak, Tulangbawang Barat sebanyak 121 tapak, Lampung Tengah sebanyak 145 tapak dan Pesawaran sebanyak 7 tapak.

Sementara, ada juga perusahaan yang ikut di lewati pembangunan sutet dengan adanya Pembangunan tapak sutet. Yakni PT. Gunung Madu Plantation 18 tapak tower, PT Great Giant Pineapple Corporate 24 tapak tower, PT. Tunas Baru Lampung 6 tapak tower dan terakhir PT. Huma Indah Mekar 17 tapak tower.

Sementara itu untuk tapak tower yang berdiri dilahan milik warga berada di Kabupaten Mesuji 22 tapak tower, Tulang Bawang 10 tapak tower, Tulangbawang Barat 121 tapak tower, Lampung Tengah 145 tapak tower dan Pesawaran 7 tapak tower. 

BACA JUGA:Dua Tersangka Curas Diringkus Tekab 308 Polres Lampura

Kusnardi berharap, sutet 275 kV ini bisa segera dibangun. Sebab, dapat menambah pasokan listrik untuk Provinsi Lampung.

"Kita berharap secepat mungkin dibangun. Karena dengan adanya sutet ini, listrik kita akan surplus lagi," katanya. 

Sementara Assistant Manager Komunikasi PT PLN UIP Sumbagsel, Dimas Kriesta Wijaya mengatakan saat ini Pembangunan kontruksi SUTET 275 kV Gumawang - Lampung 1 sedang berproses di provinsi Sumatera Selatan sebanyak 97 tapak. Dengan pengerjaan pondasi tapak tower dan erection tower.

"Di wilayah provinsi Lampung kebutuhan luas tapak tower kurang lebih 31,58 hektar untuk 313 tapak tower. Yang saat ini sedang tahap persiapan pengadaan tanah yaitu proses penerbitan penetapan lokasi," katanya.

BACA JUGA:Pria Ini Aniaya Pria Hingga Tewas dengan Motif Balas Dendam, Ternyata Salah Orang

Kategori :