4 Remaja Lampung Terpilih Duta Parlemen, Apa Saja Tugas Mereka di DPR RI?

Selasa 04-10-2022,19:42 WIB
Reporter : Dina Puspa
Editor : Dina Puspa

Dengan jumlah pemilih muda lebih dari 30 persen, merupakan kunci baik tidaknya proses demokrasi di Indonesia.

Jika para zilenial ikut terlibat aktif dalam pemilu dan pilkada 2024 dengan jujur dan adil serta bebas money politic, maka proses pemilu dan demokrasi akan semakin baik. 

Program yang baik ini, Aep juga berharap dukungan dari pemerintah daerah baik kabupaten/kota maupun Lampung.

Ramadani Arosad, salah satu peserta Duta Parlemen Remaja 2022, berterima kasih atas dukungan DPRD Kota Bandar Lampung.

BACA JUGA:Radisson Lampung Kedaton Gulirkan Paket Pernikahan Teranyar

"Terima kasih atas dukungan DPRD Kota Bandar Lampung. Saya juga berharap dukungan DPRD Propinsi dan dukungan Pemerintah Daerah baik kabupaten/kota maupun propinsi," kata Rama. 

Dilansir dari laman DPR RI, Kepala Biro Protokol dan Hubungan Masyarakat Setjen DPR RI Suratna mengatakan, program Parlemen Remaja hadir dan mengedukasi para pelajar SMA se-derajat terkait dinamika politik tanah air.

"Dengan mengikuti kegiatan ini, para peserta Parlemen Remaja akan merasakan bagaimana menjadi Anggota DPR RI dengan berbagai dinamika pengambilan keputusannya, yang harapannya peserta akan teredukasi mengenai mekanisme perpolitikan di Indonesia," ungkap Suratna di Gedung DPR RI, Selasa 2 Agustus 2022.

Sebagaimana diketahui, Parlemen Remaja 2022 mengusung tema Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku.

BACA JUGA:2 Warga di Lampung Timur Edarkan Tramadol, Jenis Obat Apa Itu?

Proses pendaftaran peserta dimulai pada tanggal 19 Juli-19 Agustus 2022 di laman https://parlemenremaja.dpr.go.id/.

Kemudian panitia melakukan seleksi pada 20-29 agustus 2022 dan hasilnya diumumkan pada 30 Agustus 2022. Adapun puncak kegiatan akan diilaksanakan pada 10-14 Oktober 2022.

Dalam sebuah podcast yang ditayangkan di kanal Youtube TVR Parlemen, Kabag Humas dan Pengelolaan Museum Minarni mengungkapkan, Parlemen Remaja merupakan ajang bagi Setjen DPR untuk mengedukasi generasi muda tentang prinsip-prinsip dasar demokrasi.

“Kegiatan ini mengundang siswa-siswi seluruh Indonesia (SMA se-derajat) untuk hadir di Jakarta (DPR) selama lima hari untuk mendapatkan informasi dan edukasi  terkait prinsip-prinsip dasar berdemokrasi dan keparlemenan,” ujar Minarni.

BACA JUGA:Sekretaris DLH Bandar Lampung hingga KUPT Diperiksa Kejati

Para Anggota Parlemen Remaja yang dinyatakan lulus seleksi akan dibekali pengalaman yang dikemas secara menarik tentang perpolitikan. Minarni menyampaikan, Anggota Parlemen Remaja nantinya akan diberi kesempatan selama lima hari untuk berperan sebagai Anggota DPR.

Kategori :