HK Pastikan Stok BBM Aman Selama Masa Libur Nataru di JTTS

Rabu 28-12-2022,16:26 WIB
Reporter : Rimadani Eka Mareta
Editor : Yuda Pranata

RADARLAMPUNG.CO.ID - PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) memastikan bahan bakar minyak (BBM) di JTTS selama masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 aman.

Hal ini disampaikan Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Dwi Aryono Bayuaji usai meninjau Rest Area KM 87 Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) pada Rabu, 28 Desember 2022.

"Dalam mendukung kelancaran arus mudik Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) ini, Hutama Karya telah menyiagakan sebanyak total 2.528 petugas, 264 unit armada siaga, dan 21 rest area. Memastikan rest area dalam keadaan yang nyaman serta bersih bagi pengguna jalan, ketersediaan BBM tercukupi," kata Dwi.

HK juga melakukan penambahan SPBU modular di beberapa titik yakni di Rest Area Rest Area KM 20 A, 49 B Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Rest Area KM 269 B, 272 A, 306 B Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang Kayu Agung dan Rest Area Temporary KM 45 B & 65 A Ruas Pekanbaru – Dumai.

BACA JUGA:Tahun Baru HP Baru! Ini 6 Rekomendasi Smartphone Android dengan Harga Mulai Rp3 Jutaan

Apalagi hingga saat ini, HK mencatat  sebanyak lebih dari 1,2 juta kendaraan melintas di seluruh ruas JTTS dan 500 ribu yang melintas dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan sebagai pintu awal masuk JTTS maupun sebaliknya melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter).

Dengan banyaknya kendaraan yang melintas di JTTS dibanding periode normal, tentunya kenyamanan pengguna menjadi concern khusus Hutama Karya selama momen Nataru ini.

HK juga mengantisipasi lonjakan kendaraan yang ada di ruas tol ini, Hutama Karya telah berkoordinasi dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) terkait arus kendaraan yang berasal dari pelabuhan Bakauheni menuju Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan agar tidak terjadi penumpukan.

"Kami menyiapkan penambahan kapasitas gardu tol tambahan di GT yang memiliki potensi kepadatan tinggi seperti di GT Bakauheni Selatan dan GT Kotabaru yang semula 5 jalur menjadi 7 jalur dan di GT Kotabaru yang semula 4 jalur menjadi 6 jalur, serta melakukan penambahan alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol,” tambahnya.

BACA JUGA:Yuk Top Up Gopay Pakai Promo OneKlik, Dapatkan Cashback-nya

Soal adanya cuaca buruk saat ini, HK juga menyiapkan rest area yang bisa dijadikan pemudik beristirahat. Terutama saat terjadi hujan deras dan kondisi gelombang tinggi di Bakauheni.

"Kami menyiapkan rest area juga bisa di gunakan, jadi ketika hujan deras dan adanya gelombang tinggi pemudik bisa beristirahat dahulu di rest area. Terutama yang dekat dengan Bakauheni itu di KM 20," tandasnya. (*)

Kategori :