Kabar Baik, Seluruh PJU di Kota Metro Dirubah ke LED

Kamis 26-01-2023,23:22 WIB
Reporter : Ruri Setiauntari
Editor : Anggri Sastriadi

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro memproyeksikan lampu penerangan jalan umum akan dirubah menggunakan lampu light emitting diodes (LED) yang memiliki pancaran cahaya warna putih.

Kepala Dinas Perhubungan Helmi Zain melalui Sekretaris Dishub Candra Laksana mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan untuk mengganti PJU dengan lampu LED. Rencana 300 titik akan direalisasikan di tahun 2023 dengan menggunakan anggaran APBD.

"Kita akan menggunakan anggaran APBD Kota Metro. Total anggarannya sekitar Rp1,65 miliar," ujarnya saat ditemui di kantornya, Kamis 26 Januari 2023.

Dia menjelaskan, untuk titik yang akan dipasang lampu LED, pihaknya masih menyusuri di mana akan dipasang lampu LED tersebut. Pihaknya memprioritaskan pemadangan di jalan umum, dan daerah yang lalu lintasnya ramai, karena untuk mengantisipasi tindak pidana kriminal, dan juga laka lantas.

BACA JUGA:Simpan Ganja, Remaja 17 Tahun Diciduk Polisi

Namun, usulan dari masyarakat juga dari DPRD tetap akan diperhatikan.

"Semua berdasarkan usulan dari masyarakat. Tapi masih dalam proses penentuan," tukasnya.

Ia menuturkan, Dishub hanya menyediakan lampu dan stand lampunya saja. Sehingga, ia akan memasang lampu PJU LED di wilayah yang sudah ada tiang penyangganya.

"Untuk pengadaan, kita menggunakan tiang-tiang yang sudah ada. Jadi itu tidak sama tiangnya," ujarnya.

BACA JUGA:Pura-pura Bertamu, Pemuda Ini Bawa Kabur Uang Rp 13 Juta

Ia menambahkan, ke depan, pihaknya akan secara perlahan mengganti lampu PJU yang belum LED. Menurutnya, PJU LED akan berkembang pesat mengikuti zaman yang juga berkembang. (*)

Kategori :