36 Ribu Hektar Lahan Disiapkan untuk Dukung Gerakan Nasional Tanam Padi

Jumat 18-08-2023,19:42 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung siapkan gerakan nasional tama padi yang merupakan program dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk hadapi fenomena el nino.

Di mana dari informasi yang dihimpun, Kementan telah menyiapkan enam wilayah utama sebagai pelaksanaan program gernas ini, yaitu Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sulawesi.

Kemudian terdapat empat provinsi pendukung yaitu Lampung, Banten, Kalimantan Selatan dan NTB.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (KPTPH) Lampung, Bani Ispriyanto mengatakan, bahwa lahan pertanian di Lampung ada sekitar 200 ribu hektar.

BACA JUGA:Lampung Timur Ajukan Perubahan APBD 2023, Segini Proyeksi Pendapatan dan Belanjanya

Dimana, berdasarkan ramalan BMKG, kekeringan atau musim kemarau panjang Lampung pada Juni dan Juli. Namun berumah menjadi Agustus sampai September 2023.

"Tapi saat ini sedikit-sedikit masih ada hujan," ujar Bani Ispriyanto.

Untuk mengantisipasi kemarau panjang, pihaknya menyiapkan gerakan nasional menanam padi sekitar 36 ribu hektar di Lampung.

"Ya 36 ribu hektar itu kita alokasikan untuk enam kabupaten. Tapi bisa juga lebih, makanya kita akan lihat lagi," ungkapnya.

BACA JUGA:Daftar Nama Guru Besar dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia

Meski diramalkan kemarau, Bani Ispriyanto menyebut saat ini hujan masih ada sedikit-sedikit.

"Mudah-mudahan sampai September masih ada hujan sehingga petani masih bisa menanam padi, dan rutin," ungkapnya.

Disinggung berapa jumlah produksi padi di Lampung, dirinya menyebut dalam satu hektar, produksi padi di Lampung berkisar sekitar 5,5 ton.

Begitu juga disinggung terkait berapa banyak berkurangnya produksi padi Lampung jika terjadi kemarau panjang, Bani Ispriyanto memperkirakan sekitar 20 ribu ton.

BACA JUGA:Tim Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung ke Malaysia, Ini Misinya

Kategori :