Loba Lobi, Buah Langka yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Senin 28-08-2023,13:35 WIB
Reporter : Dwi Prihantono
Editor : Yuda Pranata

1. Menjaga kesehatan jantung

Senyawa flavanoid yang terkandung dalam buah loba lobi merupakan antioksidan yang memiliki sifat anti peradangan.

Selain itu, senyawa tersebut juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak atau aterosklerosis di jantung.

Selain itu, flenol dan flavonoid yang terkandung dalam buah lobi-lobi juga memiliki antioksidan bernama polifenol yang berkhasiat untuk mencegah risiko stroke dan jantung.

BACA JUGA:Jurusan Kuliah Langka yang Hanya Ada di 5 Kampus Indonesia, Salah Satunya PTN di Lampung

2. Melindungi ginjal

Kandungan antioksidan seperti flenol dan flavonoid pada buah loba lobi juga memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat melemahkan fungsi ginjal.

3. Mengontrol gula darah

Senyawa antioksidan flavonoid dalam buah lobi-lobi juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Karenanya, buah lobi-lobi mampu mencegah penyakit diabetes.

Berdasarkan penelitian kandungan antioksidan jenis antosianin, terutama cyanidine 3-glucoside dan delfinidine 3-glucoside diketahui dapat menurunkan kadar gula darah.

BACA JUGA:Menteri BUMN Erick Thohir Hadiri Pesta Rakyat Simpedes BRI, 20 Ribu Orang Semarakkan Pesta UMKM

4. Menjaga kesehatan kulit

Buah lobi-lobi juga memiliki kandungan senyawa antijamur yang dapat melindungi kulit, rambut dan kuku dari risiko infeksi jamur.

5. Menperlancar sistem pencernaan

Buah loba lobi juga mengandung enzim lipase yang dapat membantu kinerja sistem pencernaan.

Saat bekerja bersama enzim lainnya, seperti protease dan amilase, enzim lipase mampu memecah protein dan lemak agar mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

Kategori :