Waspada, Fenomena El Nino Bisa Sebabkan ISPA, Berikut Ini Cara Pencegahan dan Penanganannya

Sabtu 30-09-2023,08:42 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

Untuk penularan ISPA sendiri dapat terjadi melalui kontak dengan percikan air liur orang yang terinfeksi, bisa lewat penyebaran udara ataupun sentuhan dengan benda yang terkontaminasi virus atau bakteri penyebab ISPA.

BACA JUGA:Pinjaman Tanpa Jaminan KUR Bank Mandiri, Simak Syarat Pengajuan Terbaru 2023

Gejala ISPA

ISPA dapat menimbulkan berbagai gejala, sehingga cara pasti untuk mendiagnosisnya adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. 

Namun, ada beberapa gejala umum yang biasanya dirasakan oleh pengidap ISPA, berikut di antaranya:

  • Batuk
  • Demam
  • Nyeri kepala
  • Hidung tersumbat
  • Nyeri tenggorokan atau nyeri telan
  • Timbul gejala sinusitis (hidung beringus, demam dan wajah terasa nyeri)
  • Kekurangan oksigen sehingga menyebabkan warna kulit menjadi kebiruan
  • Kesulitan untuk bernapas

BACA JUGA:Fenomena El Nino, Ini Pesan Akademisi Untuk Sektor Budidaya Air Tawar

Diagnosis ISPA

Diagnosis ISPA dapat dilakukan melalui pemeriksaan dokter. Seperti pemeriksaan pada umumnya, diagnosis akan dimulai dengan anamnesis berupa pertanyaan seputar riwayat kesehatan serta gejala yang dialami pasien.

Kemudian, dokter akan melanjutkan pada pemeriksaan fisik, meliputi telinga, hidung dan tenggorokan untuk mengetahui adanya infeksi.

Selain itu, dokter juga melakukan pemeriksaan dengan stetoskop untuk mengecek apakah ada penumpukan cairan atau peradangan pada organ paru-paru. 

Apabila pasien mengalami gejala sesak napas, maka akan dilakukan pemeriksaan kadar (saturasi) oksigen, demikian merangkum dari website siloamhospitals.com.

BACA JUGA:Stafsus Menag Ungkap Strategi perkuat Literasi Agama bagi Generasi Z, Apa Itu?

Warga Lampung patut waspada lantaran fenomena El Nino yang terjadi di sejumlah daerah bisa menyebabkan seseorang mengalami ISPA.

Di mana, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim kemarau panjang akibat badai El Nino yang melanda wilayah Indonesia masih bakal berlanjut hingga awal tahun 2024.

Hal itu diutarakan Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, saat dikonfirmasi pada Jumat, 29 September 2023.

"Menurut prediksi BMKG, El Nino di Indonesia masih berlanjut hingga awal tahun 2024," ujar Guswanto melansir dari Harian Disway dalam artikel berjudul BMKG Prediksi Kemarau Panjang Akibat Badai El Nino Berlangsung hingga Awal 2024(*)

Kategori :