Tinggal Menghitung Hari, Ini Sederet Keutamaan Ramadhan

Selasa 20-02-2024,14:00 WIB
Reporter : Ajeng Monika Selis
Editor : Alam Islam

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut ini merupakan kajian Islam tentang sederet keutamaan Ramadhan yang hanya tinggal menghitung hari saja.

Umat Islam di seluruh dunia saat ini tentunya sedang bergembira karena akan segera bertemu dengan bulan yang mulia yakni Ramadhan.

Ramadhan merupakan bulan yang mulia karena dipilih sebagai bulan bagi umat Islam untuk melaksanakan ibadah puasa.

Pada bulan Ramadhan pula kitab suci Al-Qur’an diturunkan di Gua Hira pada 17 Ramadhan kepada Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam.

BACA JUGA: Keutamaan Sholawat dan Waktu Terbaik Membacanya

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda tentang malam mulia yang di dalamnya terkandung banyak kemuliaan yakni pada saat diturunkannya Al-Qur’an.

“Sesungguhnya Allah memandang hamba-Nya pada malam Nifsu Sya’ban dan mengampuni mereka kecuali yang musyrik dan pendendam,” (HR Ibnu Majah).

Keistimewaan dan keutamaan Ramadhan bahkan sudah dijelaskan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala di dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 185, yang artinya:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu,” (QS Al-Baqarah:185).

BACA JUGA: Keistimewaan Vespa Urban Club 125 Harga Murah Rp 18 Juta, Cek Spesifikasi Lengkapnya

Bulan Ramadhan juga menjadi waktu di mana pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu, sedangkan pintu-pintu surga dibuka selebar mungkin.

Hal tersebut sejalan dengan sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu ia berkata Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setanpun dibelenggu,” (HR Bukhari dan Muslim).

Istimewanya lagi, bulan Ramadhan menjadi salah satu waktu dikabulkannya doa bagi siapa saja yang memintanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

BACA JUGA: Referensi HP Android Murah 1 Jutaan Dari Itel P55 NFC Terbaru 2024

Kategori :