Warga Lampung Barat Temukan Bayi Laki-laki Dalam Kardus

Selasa 09-07-2024,12:01 WIB
Reporter : Nopriadi
Editor : Yuda Pranata

RADARLAMPUNG.CO.ID -  Warga Pemangku VI Tegal Rejo, Pekon Pampangan, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar),  dihebohkan dengan penemuan bayi usia antara tiga sampai lima hari berjenis kelamin laki-laki yang ditinggalkan di Poskamling dalam kardus, Sekitar Pukul 4.30 Wib Selasa 9 Juli 2024.

Informasi dari Kepala Pemangku setempat Zulkarnain, saat ditemukan posisi bayi dalam kardus mengenakan popok dan pakaian lengkap serta dililit kain.

Menurutnya, pertama kali bayi tersebut ditemukan Sukiman dan Purwanto warga yang rumahnya berada dekat pos kamling.

"Sekitar pukul 02.30 Wib dini hari warga bubar dari melaksanakan ronda termasuk Sukiman dan Purwanto setelah pulang ke rumah kita pukul 04.30 Sukiman mendengar tangis bayi yang datang dari pos kamling yang jaraknya dekat meter dari rumahnya," ungkapnya.

BACA JUGA:BRI Dinobatkan Sebagai Bank Persero Dengan Kinerja Terbaik Pada Penghargaan Bisnis Indonesia Award (BIA) 2024

Merasa penasaran, kata dia, Sukiman menghubungi Purwanto dan keduanya menuju sumber suara, dan ternyata setelah tiba adanya bayi sehat yang ditinggal sendiri yang dimungkinkan tinggal kemungkinan oleh ibu atau orang tuanya.

"Atas kejadian itu Sukiman dan Purwanto memberitahu warga lainnya Dan setelah masyarakat kumpul kami langsung berinisiatif menghubungi petugas Bhabinkamtibmas setelah bayi itu dibawa ke rumah Sukiman untuk diistirahatkan kemudian anak bayi itu langsung dibawa ke Puskesmas dan saat ini tengah berada di Puskesmas," terangnya.

Sementara, Kapolsek Sekincau AKP Sahril Paison, mendampingi Kapolres AKBP Ryky Widya Muharam, SIK., membenarkan adanya penemuan bayi tersebut.

Dijelaskan, kronologis kejadian bermula saat seorang warga bernama Sukiman mendengar suara tangisan bayi tak jauh dari rumahnya yang hanya berjarak 100 meter dari pos ronda tempat bayi tersebut ditemukan.

BACA JUGA:7 Kabupaten Kota di Lampung Masuk Prioritas Nasional Pencapaian SBS

Selanjutnya, ia langsung membawa bayi tersebut ke rumah dan memberitahu keluarganya, terdapat beberapa ciri-ciri bayi yang ditemukan diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan memakai pakaian baju bayi lengkap.

"Kemudian bayi tersebut diperkirakan memiliki berat badan sekitar 3 Kg, tinggi badan sekitar 48cm, dengan ari-ari bayi belum lepas, diperkirakan bayi tersebut sudah lahir sekitar 2-3 hari yang lalu," tandas Paison. (*)

Kategori :