Universitas Teknokrat Indonesia Dukung Program Ketahanan Pangan Lampung

Kamis 11-07-2024,12:06 WIB
Reporter : Melida Rohlita
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM Nasrullah Yusuf, S.E., M.B.A. hadir dan mendukung kegiatan kunjungan kerja Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Kepala Staf Angkatan Laut yang diwakili Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Erwin S. Aldedharma.

Kunjungan kerja kali ini berisi beberapa agenda. Di antaranya panen raya, penanaman padi, peresmian masjid, dan puncak acara bakti sosial.

Acara diadakan di Mako Lanal Lampung, Jalan Raya Way Ratai, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, 10 Juli 2024.

Rombongan Mentan, Wakasal, dan Pj Gubernur Lampung juga meninjau Rumah Budi Daya Maggot BSF di Brigif 4 sebagai salah satu upaya preventif permasalahan sampah, yang dapat dibudidayakan sebagai pakan ternak ikan maupun unggas.

BACA JUGA:Hapkido Lampung Klaim Siap 90 Persen Sambut PON Sumut-Aceh

Selanjutnya, rombongan meninjau keramba apung milik Brigif 4 dan melanjutkan perjalanan ke Mako Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Caligi guna melaksanakan Gebyar Panen Raya TNI Angkatan Laut, dan Kementan RI.

Komandan Brigif 4 S. Tarigan memaparkan program smart farming dan ketahanan pangan yang ada di Markas Brigif 4 marinir di depan Mentan Andi Amran, Wakasal Erwin S. Aldedharma dan Pj. Gubernur Samsudin.

Seperti diketahui, lahan ketahanan pangan milik TNI AL yang dikelola Lanal Lampung dan Brigif 4 Marinir seluas 1.182 hektare.

Terdiri dari lahan jagung seluas 42 hektare, lahan padi 250 hektare, lahan hortikuktura seluas 3 hektare dan lahan perkebunan pisang, alpukat, serta kelapa seluas 262 hektare.

BACA JUGA:Lokasi Dokono Coffee, Rekomendasi Café Hidden Gem yang Suasananya Homie Banget, Nongkrong Dijamin Seru

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Kepala Staf Angkatan Laut yang diwakili Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma bersama Pj. Gubernur Lampung Samsudin melakukan Gebyar Panen Raya Padi dan Jagung, sekaligus penanaman bibit padi dan jagung, di Pantai Caligi, Kabupaten Pesawaran.

Pada kesempatan itu juga diresmikan Masjid Al Hafizhan di Mako Lanal Lampung dengan ditandai pemotongan pita oleh Wakasal dan Mentan, didampingi Pj Gubernur Samsudin, Ketua Jalasenastri beserta ibu Pj. Ketua TP PKK Provinsi Lampung.

Selain panen raya padi dan jagung, berbagai kegiatan juga digelar seperti penanaman padi simbolis, bakti sosial (baksos), dan bakti kesehatan (bakkes) yang meliputi pengobatan umum, pengobatan gigi, donor darah, khitanan massal, dan penyuluhan stunting anak, atraksi terjun payung, serta makan bergizi gratis yang diikuti oleh ratusan anak sekolah.

Program Gebyar Panen Raya ini merupakan hasil dari program ketahanan pangan TNI AL yang bertujuan untuk mengakselerasi dan mengatasi resiko kekurangan pangan, karena dunia saat sedang lagi mengalami krisis pangan dan krisis energi.

BACA JUGA:Jadi Pedoman Implementasi Kurikulum, KMA Nomor 450 Tahun 2024 Di-launching di Lampung

Kategori :