Selesai Lebih Awal, Proses Coklit Data Pemilih di Mesuji Rampung 100 Persen

Selasa 16-07-2024,19:05 WIB
Reporter : Ardian Mukti
Editor : Yuda Pranata

RADARLAMPUNG.CO.ID - Proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada di Kabupaten Mesuji telah selesai. Proses coklit tersebut selesai lebih awal dari jadwal yang ditentukan  yakni 24 Juli ini.

"Proses coklit di Kabupaten Mesuji telah selesai 100 persen," Kata Ketua KPU Mesuji Ali Yasir pada Selasa 16 Juli 2024.

Meskipun proses coklit tersebut sudah selesai , namun jumlah data pemilih tersebut masih dinamis dan  masih bisa saja berubah. Karena, dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti meninggal dunia, pindah domisili.

Menurutnya, dari daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Mesuji pada Pemilu 2024 lalu berjumlah 169.567 orang dan sudah dicoklit 169.567 tersebar di 7 kecamatan di 7 Kecamatan di 105 Desa dan 344 TPS dengan jumlah pantarlih 635 orang.

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Lakukan Evaluasi Kinerja Triwulan III di Itjen Kemendagri

Meski demikian dengan adanya sisa waktu yang ada, pihaknya akan terus melakukan upaya perbaikan, agar nantinya semua data tersebut, bisa rampung seutuhnya.

Ia pun mengaku dengan sisa waktu yang ada, bisa dipergunakan untuk menyesuaikan laporan masuk dari masyarakat, untuk proses penyesuaian data pemilih.

"Kita optimalkan untuk sinkronisasi, penyisiran-penyisiran, bilamana dimungkinkan masih ada laporan masuk dari masyarakat kita bisa tindaklanjuti," tuturnya.

BACA JUGA:Lepaskan Tembakan ke Udara saat Bubarkan Acara Khitanan di Lampung Utara, Polisi Dilaporkan ke Propam Polda

Untuk itu, pihaknya mengimbau, jika ada warga yang merasa belum dicoklit, bisa melapor kepada KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau Panitia Pemungutan Suara (PPS). (*)

Kategori :