Tingkatkan Kinerja Aparatur Negara, Mahasiswa IIB Darmajaya Bangun Sistem Website Kearifan Lokal

Minggu 21-07-2024,11:09 WIB
Reporter : Anggi Rhaisa
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID  – Guna meningkatkan kinerja aparatur negara, mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memberikan Pelatihan Tata Kelola Manajemen kepada aparatur kelurahan, Karang Taruna, dan pelaku usaha UMKM.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Kelurahan Beringin Jaya pada Sabtu, 20 Juli 2024 itu diberikan dalam rangka implementasi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa).

PPK Ormawa tersebut didapatkan mahasiswa IIB Darmajaya dengan judul proposal "Sistem KEMILING.COM dalam membangun Kepariwisataan Kearifan Lokal di Bandarlampung" dengan pemateri Yan Aditiya Pratama, S.Pd., M.Pd., M.M. 

BACA JUGA:Jalin Sinergi, BRI Beri Kemudahan Jasa dan Layanan Perbankan Bagi Muhammadiyah

Adapun PPK Ormawa IIB Darmajaya terdiri dari kolaborasi Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (Himsi), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Hima TI), Himpunan Mahasiswa Manajemen (Hima MA), dan Himpunan Mahasiswa Sains Data.

"Dari sistem yang akan dibangun dengan aparatur dan semua unsur di Kemiling diharapkan dapat menggali potensi maksimal," jelas Iqbal Ardiansyah selaku Ketua PPK Ormawa IIB Darmajaya.

Dalam kesempatan tersebut, Yan Aditiya Pratama mengatakan, pelatihan tersebut diberikan agar peserta yang hadir dapat memaksimalkan kemampuan yang dimiliki untuk menggali potensi di Kemiling bersama mahasiswa IIB Darmajaya.

BACA JUGA:Terpilih Sebagai Muli Tubaba 2024, Ini yang Akan Dilakukan Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya

"Peranan semua pihak yakni aparatur, karang taruna, akademisi (mahasiswa), pelaku usaha, dan media menjadi satu untuk membangun sistem Kemiling.com," ucap Yan Aditiya Pratama dalam keterangan tertulis yang diterima Radar Lampung pada Minggu, 21 Juli 2024.

Masih kata dia, dengan melakukan tata kelola yang baik untuk membangun sistem Kemiling.com akan berjalan dengan baik. 

"Sehingga setiap kelurahan nantinya akan memiliki akses untuk menunjukkan gambaran dari potensinya di Kemiling.com," jelasnya.

BACA JUGA:Remaja Asal Lampung, Fitria Khasanah Raih Penghargaan Rekor Developer Game Edukasi Termuda dan Terbanyak

Yan Aditiya menerangkan bahwa Tata Kelola Manajemen yang baik didasarkan atas prinsip-prinsip yang diterapkan sesuai dengan transparansi, akuntabilitas, resposibilitas, independensi, keadilan, dan kesetaraan.

“Ketika akan menyampaikan ke masyarakat, mahasiswa tidak dapat langsung tetapi melalui perwakilan dengan sinergi. Sehingga tepat dari maksud dan tujuan yang ingin disampaikan dalam membangun Sistem Kemiling.com,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, salah satu perwakilan dari kelurahan mengaku siap untuk menyampaikan program dalam membangun Sistem Kemiling.com. 

Kategori :