Kemenag Lampung Sebut Kesuksesan Pelaksanaan Haji Berkat Kerja Keras Semua Pihak

Rabu 24-07-2024,10:28 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

“Ini merupakan record paling sedikit selama penyelenggaraan ibadah haji di Provinsi Lampung berlangsung. Ini membuktikan penyelenggaraan haji sukses dengan menggunakan skema istitha’ah kesehatan sebelum Pelunasan Biaya Haji 2024,” katanya. 

Puji Raharjo menuturkan bahwa sebagaimana Imam Al-Ghazali, seorang ulama besar dalam Islam, menyatakan ada beberapa cara untuk bersyukur kepada Allah swt yaitu Pertama, syukur dengan hati (qalb) dimana hati harus selalu mengakui dan merasa bahwa segala nikmat yang diterima adalah dari Allah SWT.

Kedua, syukur dengan lisan, dimana mengucapkan rasa syukur melalui lisan, yaitu dengan memuji Allah swt dan mengucapkan alhamdulillah atau kata-kata lain yang menunjukkan penghargaan atas nikmat yang diberikan. 

Ketiga, syukur dengan tindakan (amal) dengan memanfaatkan nikmat yang diberikan Allah untuk kebaikan dan dalam ketaatan kepada-Nya. Keempat, Syukur dengan menjaga nikmat (hifz an-ni’mah) dengan memelihara dan menjaga nikmat yang telah diberikan Allah. 

BACA JUGA:Kebakaran! Kantor Cabang Bank BNI Enggal Ludes Dilahap Si Jago Merah, Ini Penyebabnya

Ini berarti tidak menyia-nyiakan atau merusak nikmat tersebut, tetapi menjaganya agar tetap bermanfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya. Menjaga kesehatan, harta, dan semua pemberian Allah termasuk dalam bentuk syukur ini.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh jajaran untuk menjadikan rasa syukur sebagai landasan dalam setiap aktivitas. Kita harus selalu ingat keberhasilan ini adalah nikmat dari Allah swt yang harus kita syukuri dengan memperbaiki diri, meningkatkan pelayanan, dan bekerja sama dengan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sementara, Kabid Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Lampung, M. Ansori mengucapkan terima kasih atas kehadiran para Jamaah haji, Petugas Kloter, Panitia PPIH yang hadir dalam kegiatan Tasyakuran Penyelenggaraan Ibadah Haji Provinsi Lampung Tahun 1445 H/2024 M.

“Untuk diketahui Provinsi Lampung dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dimulai tahun 1445 H dengan dilepas oleh Gubernur Provinsi Lampung dan berakhir di Tahun 1446 H dengan disambut oleh Penjabat Gubernur Lampung,” ujarnya.

BACA JUGA:Kebakaran! Kantor Cabang Bank BNI Enggal Ludes Dilahap Si Jago Merah, Ini Penyebabnya

M. Ansori menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensyukuri pelaksanaan ibadah haji Tahun 1445 H/2024 M yang berjalan dengan sukses dan lancar.

“Tasyakuran diadakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah swt atas kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji. Ini mencakup rasa syukur atas kesehatan, keselamatan, dan kelancaran yang diberikan kepada para jamaah haji selama menjalankan ibadah di Tanah Suci,” katanya.

Menurutnya acara ini menjadi sarana untuk mempererat silaturahim dan kebersamaan antara para jamaah haji, petugas haji, dan panitia yang terlibat dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1445 H/2024 M. Ini juga menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan cerita dari perjalanan haji.

M. Ansori menuturkan Tahun 1445 H/2024 M, Provinsi Lampung memberangkatkan Jamaah haji Reguler sebanyak 7.276 orang. Dari total tersebut, jamaah haji yang tiba ke Tanah Air sebanyak 7.265 orang, 8 jamaah haji wafat di Tanah Suci, dan 3 jamaah haji masih dirawat di Tanah Suci.(*)

Kategori :