Paskibraka 2024, Membangun Karakter Pancasila dari Cibubur

Senin 05-08-2024,11:17 WIB
Reporter : Widisandika Budiman
Editor : Widisandika Budiman

RADARLAMPUNG.CO.ID-Para calon Paskibraka dari 38 provinsi telah memulai latihan mereka di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jawa Barat untuk persiapan mengibarkan Bendera Merah Putih pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79.

Latihan dimulai pada pagi hari dan berlangsung di bawah sinar matahari terik. Meskipun cuaca panas, semangat mereka tidak surut.

Mereka mengenakan seragam berlengan panjang merah dengan aksen putih, dilengkapi dengan topi merah dan sepatu berwarna senada.

BACA JUGA:Percepat Penurunan Stunting dan Tingkatkan Layanan KBKR, Pemkab Tanggamus Lampung Kolaborasi dengan Para Pihak

Menurut Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina, tujuan dari program Paskibraka ini adalah untuk membentuk karakter Pancasila pada generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan kedisiplinan, serta mengokohkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Para calon Paskibraka akan mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur hingga tanggal 10 Agustus 2024 sebelum mereka bertugas di Istana Kepresidenan Negara (IKN).

BACA JUGA:Rahmat Mirzani Djausal Jadi Cagub Pertama yang Didukung Projo

Proses ini meliputi pendekatan pembelajaran aktif, pelatihan, dan pengasuhan untuk mempersiapkan mereka secara optimal.

Sebelumnya, para calon Paskibraka tingkat pusat telah melewati proses seleksi yang ketat sebelum mulai mengikuti sesi pembelajaran aktif di Pusdiklat Paskibraka 2024, Cibubur sejak 12 Juli hingga 10 Agustus 2024.

Mereka juga telah menerima pembekalan nilai-nilai kebangsaan yang didasarkan pada empat konsensus dasar bangsa oleh Lemhannas Republik Indonesia. (*)

Kategori :