Merantau dari Garut, Pria Ini Jual Bendera Merah Putih di Pesisir Barat

Senin 05-08-2024,20:20 WIB
Reporter : Yayan Prantoso
Editor : Anggri Sastriadi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ujang Dadang, seorang pria berusia 42 tahun asal Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat (Jabar), hingga kini masih konsisten untuk berjualan bendera merah putih hingga umbul-umbul saat menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) setiap tahunnya di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Pria yang tinggal sementara di loket Bus MKU Kecamatan Pesisir Tengah itu, mengaku mulai berjualan bendera di Kabupaten Pesbar itu sejak 25 Juli 2024 lalu, dan rencananya hingga 16 Agustus 2024 mendatang. Bahkan, dirinya sudah tidak asing lagi dengan Kabupaten Pesbar. Pasalnya, setiap tahun menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI dirinya juga tetap konsisten untuk mengais rejeki dari berjualan bendera merah putih dan umbul-umbul di Negeri Para Sai Batin dan Ulama tersebut.

“Sejak tahun 2015 lalu, saya bersama teman-teman saya mencoba datang ke Kabupaten Pesbar ini untuk berjualan bendera merah putih dan umbul-umbul menjelang HUT Kemerdekaan RI,” kata Dadang, sapaan Ujang Dadang, Senin 5 Agustus 2024.

Menurutnya, dari mulai tahun 2015 lalu sampai dengan tahun 2024 ini dirinya tetap kembali ingin melangkahkan kaki di Kabupaten Pesbar ini. Karena itu, menjelang HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 ini, dirinya kembali mengais rejeki di Kabupaten Pesbar dan menggelar dagangannya di pinggir jalan lintas barat, di depan lahan lapangan komplek perkantoran Pemkab Pesbar.

BACA JUGA:Gemas! Syifa Hadju Bagikan Momen Bersama Kamari Wassink dan El Rumi

BACA JUGA:Perkonomian Provinsi Lampung Tumbuh sebesar 4,80 Persen, Ini Sektor Yang Mendominasi

“Masyarakat di Pesbar ini dikenal cukup ramah, begitu juga dengan keamanannya, masyarakat disini saling menjaga. Seperti saat barang dagangan saya ditinggal sholat di masjid, saat kembali lagi tetap dalam kondisi aman,” jelasnya.

Sedangkan, kata dia, mengenai penjualan bendera ini cukup lumayan ramai, dan memang biasanya mulai ramai seperti sekarang ini sampai dengan satu minggu sebelum HUT Kemerdekaan RI nanti biasanya masih ramai. Seperti sekarang ini untuk penghasilan memang paling ramai bisa mencapai Rp700 ribu lebih, dan itu tidak pasti, bahkan hanya dapat cukup untuk biaya makan saja.

“Saya datang ke Kabupaten Pesbar ini dengan membawa 100 kodi bendera baik bendera merah putih, umbul-umbul, tirai dan lainnya. Semua didatangkan dari Kabupaten Garut,” katanya.

Ditambahkannya, untuk harga bendera itu sesuai dengan ukuran dan jenisnya mulai dari harga Rp5 ribu sampai dengan Rp250 ribu. Seperti harga bendera merah putih untuk kendaraan itu dengan harga Rp5-10 ribu/buah. Kemudian, umbul-umbul Rp35 ribu/buah. Untuk bendera merah putih ukuran 90x60 centimeter itu dengan harga Rp25 ribu/buah, dan ukuran 1 Meter X 50 Centimeter dengan harga Rp50 ribu/buah, sedangkan ukuran 1 Meter X 80 Centimeter dengan harga Rp60 ribu/buah.

BACA JUGA:Penjabat Bupati M. Firsada, Buka Rakor Pendapatan Daerah

BACA JUGA:Geruduk Disnaker, Pengurus Koperasi TKBM Duga Surat Layak Operasi Koperasi TKBM Perjuangan Cacat Administrasi

“Sementara itu, untuk tirai merah putih dengan harga Rp200-250 ribu/buah. Selain itu juga ada yang stau paket berisi dua buah umbul-umbul dan satu bendera merah putih itu dengan harga Rp100 ribu”pungkasnya. 

Kategori :