Unila Optimalisasikan Media Pembelajaran Berbasis Al Di SMA YP Unila

Selasa 13-08-2024,22:01 WIB
Reporter : Anggi Rhaisa
Editor : Anggri Sastriadi

RADAR LAMPUNG.CO.ID - Penggunaan aplikasi berbasis kecerdasan buatan (AI) sudah sangat masif. 

Banyak platform pendidikan menciptakan berbagai aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman belajar.

Lalu,  mempersonalisasi pendidikan, dan merampingkan tugas-tugas administratif, termasuk dalam menyusun materi ajar untuk para siswa. 

BACA JUGA:Unila Mewisuda 823 Wisudawan/ti pada Periode Ke VII Tahun 2023/2024

BACA JUGA:Tim Pengabdian Unila Beri Pemanfaatan IoT dalam Sistem RAS di Pokdakan Bintang Rosela Jaya, Pringsewu

Kenyataannya masih banyak guru-guru yang belum memiliki literasi digital yang cukup, terlebih dalam mengoptimasi penggunaan AI untuk menunjang kualitas pembelajaran mereka. 

Kondisi semacam itu tidak diimbangi dengan perkembangan literasi digital para siswa yang sudah jauh melampaui gurunya. Dengan memberikan pelatihan optimalisasi penggunaan aplikasi berbasis kecerdasan buatan.

Maka, guru-guru akan memiliki kemampuan membuat bahan ajar yang efektif dan efisien. Tidak hanya itu, pelatihan berbasis aplikasi AI ini juga berguna bagi para siswa karena menarik perhatian untuk menstimulasi minat belajarnya. 

Memperhatikan masalah ini, pihak sekolah melalui LPPM Unila meminta pada dosen Universitas Lampung (Unila) untuk mengadakan pelatihan pemanfaatan aplikasi berbasis AI bagi guru-gurunya di SMA YP Unila.  Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Pengabdian Unila , Bambang Riadi, M.Pd kepada Radar Lampung pada hari Selasa, 13 Agustus 2024.

"Dikarenakan juga permasalahan keterbatasan Sumber Daya Manusia dalam hal teknologi yang selama ini dimiliki sehingga dirasakan memberikan pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Berbasis AL bagi guru guru SMA YP Unila,"tambah Bambang 

Anggota Tim Pengabdian Unila, Dr. Riyan Hidayatullah, M.Pd menambahkan bahwa setelah pelatihan ini para guru SMA YP Unila diharapkan memiliki pemahaman tentang pentingnya AI dalam mengoptimalisasi kualitas pembelajaran.

BACA JUGA:Tiga Mahasiswa Unila Jalani KKN Internasional di Sumatera Utara, Diikuti Perwakilan 5 Negara, Salah Satunya...

BACA JUGA:Prof Syarief Makhya, Guru Besar Unila ke 120, Guru Besar Bidang Studi Pemerintahan Daerah dan Kebijakan Publik

Hasil yang dicapai dari pelatihan ini secara umum adanya peningkatan pemahaman, sambung Dr.Riyan, adalah  keterampilan dan sikap terhadap penguasaan dan pemanfaatan AI untuk pembelajaran. 

"Hal ini akan dapat dilihat dari perbedaan hasil evaluasi awal dan akhir yang diperoleh peserta pelatihan,"pungkas Dr.Riyan. (*)

Kategori :