Resmikan SPAM Bandar Lampung, Presiden Jokowi Titip Maksimalkan Sambungan Rumah Tangga

Senin 26-08-2024,11:38 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandar Lampung, pada Senin 26 Agustus 2024 di Desa Relung Helok, Natar.

Di mana, SPAM Bandar Lampung ini mampu melayani sekitar 60 ribu sambungan rumah tangga. Namun, sampai saat ini baru 13 ribu sambungan rumah tangga yang terpasang.

Kepada awak media, Jokowi mengatakan, SPAM Bandar Lampung ini merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) di Lampung yang sudah dikerjakan sejak 2020 lalu.

"Karena memang problem besar hampir di semua kota di negara kita ini adalah urusan air bersih untuk rumah tangga," ujar Jokowi, Senin 26 Agustus 2024.

BACA JUGA:Program BRI Peduli Yok Kita Gas Wujudkan Indonesia Bebas Sampah

Kata Jokowi, SPAM ini akan melayani lebih kurang 60 ribu rumah tangga, yang merupakan kapasitas sangat besar.

"SPAM ini dibangun dengan anggaran yang tidak kecil yaitu Rp 1,38 triliun, dengan skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha)," ungkapnya.

Dari hasil pantauannya, Jokowi menyebut bahwa SPAM Bandar Lampung air yang dihasilkan sangat bersih.

"Saya melihat tadi airnya sangat bersih dan yang disampaikan Bu Dirjen katanya lebih bagus dan bersih dari air kemasan," tuturnya.

BACA JUGA:Detik-detik Jelang Pendaftaran Cakada, Elite PDIP Lampung Bocorkan Nasib Umar Ahmad

"Karena NTU (Nephelometric Turbidity Unit)-nya sebesar 0,278 padahal standar dari Kemenkes itu sebesar 3, kalau air kemasan sebesar 0,8, jadi lebih bagus," sambungnya.

Untuk itu, Jokowi menitipkan SPAM ini kepada Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana dan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto agar sambungan ke rumah tangga betul-betul didorong.

"Supaya semakin banyak rumah tangga kita yang memiliki sambungan dari SPAM yang kita bangun ini," harapnya.(*)

Kategori :