Pemkab Mesuji Lampung Mulai Gunakan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Senin 02-09-2024,19:43 WIB
Reporter : Ardian Mukti
Editor : Anggri Sastriadi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji Lampung, mulai menggunakan kartu kredit pemerintah daerah (KKPD) hasil kerja sama dengan Bank Lampung.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mesuji Olpin Putra pada Senin 2 September 2024.

Menurut Olpin Menindaklanjuti Permendagri 79 tahun 2022 tentang petunjuk teknis penggunaan kartu kredit Pemerintah Daerah.

Hari ini pihak Bank Lampung sudah menyerahkan kartu kredit ke Pemerintah Kabupaten Mesuji sebagai tanda dimulainya implementasi KKPD.

BACA JUGA:Dibantai Tuan Rumah 6-1, Tim Futsal Lampung Gagal ke Semifinal PON XXI Nangroe Aceh Darussalam

"Namun untuk tahap pertama ini baru beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai pilot project sambil berjalan nanti mengikuti OPD yang lain sesuai kebutuhan," ujarnya.

Harapannya dengan di implementasikannya Kartu kredit Pemerintah Daerah (KKPD) ini di Kabupaten Mesuji dan dapat memaksimalkan realisasi (APBD).

Untuk percepatan perputaran roda perekonomian serta meminimalisir transaksi tunai sebagai langkah nyata mewujudkan pemerintahan yang bersih transparan dan akuntabel. 

Diberitakan Sebelumnya (Pemkab) Mesuji melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Bank Lampung lakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS). 

BACA JUGA:Wakapolresta Pastikan Layanan Prima di Fasilitas

Perjanjian Kerjasama itu dilakukan di kantor Bank Lampung cabang Mesuji pada, Rabu 7 Februari 2024.

Menurut Kepala BPKAD Kabupaten Mesuji Olpin Putra perjanjian kerjasama itu dilakukan untuk menindaklanjuti penggunaan dan penyelenggaraan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Pemkab Mesuji. 

Olpin menjelaskan sesuai Permendagri Nomor 79 tahun 2022 tentang KKPD, Pemkab Mesuji menindak lanjuti aturan tersebut dengan membuat Perbub Nomor 34 tahun 2023 tentang Tatacara Penggunaan dan Penyelenggaran KKPD. 

"Setelah dasar hukum kita selesaikan maka pada Hari ini Pemkab Mesuji melalui BPKAD lakukan penandatanganan PKS bersama Bank Lampung Cabang Mesuji," ujarnya. 

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah, Begini Pembubuhan E-Materai yang Tepat Pada Seleksi CPNS 2024

Kategori :