Menteri Perdagangan RI Ajak Mahasiswa Lihat Peluang Usaha dengan Sistem Elektronik

Jumat 06-09-2024,19:31 WIB
Reporter : Anggi Rhaisa
Editor : Anggri Sastriadi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Guna memberikan wawasan kepada mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) khususnya Melek akan peluang usaha dengan sistem elektronik , Menteri Perdagangan Republik Indonesia Dr (HC) Zulkifli Hasan, SE.MM memberikan kuliah umum mengenai pemahaman Kebijakan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa.

Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa berlangsung pada hari Jumat siang (6/9) di Aula Kuliah Umum 2 Kampus Itera.

Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, menyampaikan, bahwa  kebijakan perdagangan melalui sistem elektronik mungkin bukan hal baru.

BACA JUGA:Dosen dan Mahasiswa ITERA Beri Edukasi Mengenai Tanaman Obat Sebagai Bahan Masakan

BACA JUGA:Gratis Tiket Masuk, Cek Jadwal Operasional Kebun Raya Itera, Rekreasi Sambil Main Sepeda

Perlu dipahami, mahasiswa masih berusia masih dibawah 20 tahun untuk bisa melihat peluang usaha dalam sistem elektronik.

"CEO Platform atau dengan perdagangan melalui sistem elektronik saat ini umumnya  berusia 30 sampai 40 tahun sudah mencapai puncak saat ini. Jadi mulai dari sekarang berusia dari muda untuk melihat peluang usaha dalam sistem elektronik,"jelas Zulkifli 

Untuk menjadi sukses di usia muda, sambung Zulkifli, bukan ditentukan karena pintar manusia karena pintar manusia menentukan sukses 10 sampai 20 persen. "Berani ambil resiko, berani malu dan berani percaya diri maju untuk memulai usaha ada langkah awal menuju kesuksesan seorang pengusaha,"jelas Zulkifli.

BACA JUGA:Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan Ikuti Gerakan Tanam Kedelai di Tanggamus

BACA JUGA:Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Pastikan Harga Beras Bulog Tak Akan Naik

Oleh sebab itu, Menteri Perdagangan Zulkifli, menyampaikan, berharap mahasiswa itera menjadi andalan kita semua untuk berfikir maju terutama dalam membuka usaha dengan sitek perdagangan secara online.

"Kalau dulu hanya penjualan tuh melalui offline ya sekarang semua sudah online. Ada juga e-commerce ya ada sekarang ini banyak sekali sistem perdagangan secara online  ya. Sistem bisnis yang sudah berubah jauh dengan yang lalu jadi kalau kita tidak mengikuti perkembangan teknologi tentu kita tinggalan. Andalan kita, anak itera yang hebat hebat ini ya,"ucap Zulkifli.

Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, menyampaikan bahwa mahasiswa Itera adalah generasi emas yang akan membangun Sumatera dan Indonesia. 

BACA JUGA:Sidak Pasar, Menteri Perdagangan Kaget Ada “Wortel Impor”

BACA JUGA:Sikapi Janji Zulkifli Hasan Jadi Menteri Perdagangan, Jokowi: Rakyat Butuh Pengamanan Lapangan

Kategori :