Harga Ayam dan Telur Alami Penurunan, Pedagang Keluhkan Sepinya Pembeli.

Minggu 08-09-2024,20:33 WIB
Reporter : Siti Saskia Salamah
Editor : Anggri Sastriadi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kondisi harga ayam dan telur di pasaran saat ini mengalami penurunan yang cukup signifikan, tepatnya di Pasar Pasir Gintung.

Salah seorang pedagang ayam Lina mengatakan, harga ayam per kilogram saat ini berkisar antara Rp28.000 hingga Rp50.000 tergantung ukuran ayam, besar atau kecil. 

Penurunan harga ini telah berlangsung selama seminggu, di mana sebelumnya harga ayam sempat mencapai Rp27.600 per kilogram, kini turun menjadi Rp25.600 per kilogram.

Menurut Lina, penurunan harga ayam ini kemungkinan disebabkan oleh melimpahnya stok ayam di pasaran. Kalau jumlah stoknya banyak jadi harganya turun, kalau stoknya kosong harganya naik.

BACA JUGA:Tipu Sepeda Motor, Dua Pemuda asal Bukit Kemuning Diringkus Polisi

BACA JUGA:MUI Tulang Bawang Imbau Pengurus Kecamatan Netral Pada Pilkada 2024

Meski harga ayam turun, ia mengungkapkan bahwa omset dagangannya tidak mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan kondisi pasar yang sedang sepi setelah relokasi pedagang.

Sementara itu penjual telur, Temu Mujiono juga mengungkapkan adanya penurunan harga telur. Harga telur saat ini berada di kisaran Rp25.000 hingga Rp26.000 per-kilogram, setelah sebelumnya mencapai Rp27.000 hingga Rp28.000 per-kilogram. Penurunan harga ini telah berlangsung selama dua minggu terakhir.

Namun, berbeda dengan harga telur, Temu Mujiono mencatat adanya kenaikan pada harga tepung kemasan, yang sebelumnya Rp10.000, kini naik menjadi Rp12.000. Meskipun demikian, omset penjualan Mujiono tetap stabil, tanpa ada penurunan maupun peningkatan yang signifikan.

Menurutnya, kondisi pembeli yang sepi saat ini disebabkan oleh kurangnya acara hajatan yang biasanya meningkatkan permintaan akan telur. 

BACA JUGA:Masuk ke Sumur Sedalam 10 Meter, Petugas Damkar Tulang Bawang Berhasil Evakuasi Anak Kucing

BACA JUGA:Penggemar Barang Antik Harus Tahu, di Jalan Agus Salim Bandar Lampung Ada Gerai Vintage Terlengkap

Kedua pedagang tersebut berharap agar kondisi pasar dapat segera pulih, sehingga omset penjualan bisa meningkat kembali seperti biasa.

Kategori :