Ratusan Warga Binaan di Metro Tercatat dalam DPS

Rabu 18-09-2024,21:01 WIB
Reporter : Ruri Setiauntari
Editor : Anggri Sastriadi

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Narapidana lembaga permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Metro tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di Lapas.

Dari informasi yang didapat, narapidana yang terdaftar dalam DPS tersebut berjumlah 165 narapidana yang dapat menyalurkan untuk Pilwakot Kota Metro.

Kepala Lapas Kelas IIA Kota Metro, Gumilar, mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro sudah mendata DPS di Lapas II A Kota Metro untuk Pilkada serentak mendatang.

Pendataan dilakukan terhadap ratusan narapidana asal Metro, dan sejumlah wilayah di Lampung.

BACA JUGA:Baru di Tulang Bawang, Kajari Sowan ke Makodim, Ternyata Ini Tujuannya

"Sudah, KPU Kota Metro sudah mendata DPS untuk Pilwakot, dan juga Pilgub. Jadi ada 165 warga binaan yang dapat menyalurkan suaranya untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Metro," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Gumilar, warga binaan yang berjumlah 280 orang akan berpartisipasi, dan menyalurkan hak suaranya untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung.

"Karena warga binaan di Lapas Metro tak hanya dari Metro saja, tetapi juga dari luar Metro, jadi untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur ada 280 napi yang akan memilih," katanya.

Dikatakannya, jumlah napi yang tercatat sebagai pemilih dapat berubah sewaktu-waktu. Hal tersebut dikarenakan berakhirnya masa tahanan pada sejumlah warga binaan sebelum waktu pemungutan suara.

BACA JUGA:Pj. Sekda Tubaba Buka Sosialisasi Penyaluran dan Ketentuan Perpajakan Dana Desa

"Iya benar. Jumlahnya bisa saja berubah. Mengingat ada yang sudah berakhir masa tahanan warga binaan. Ada yang masuk, ada juga yang bebas, ini kan dinamis ya,'jelasnya.

Ia menekankan, di dalam mapas, tidak ada mobilisasi massa tahanan yang mengarah ke pasangan calon tertentu pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Ia memastikan, warga binaannya bersikap netral dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Metro, dan juga pemilih Gubernur Lampung pada Gubernur Lampung pada November mendatang.

"Untuk Pilkada, warga binaan yang ada di lapas kelas IIA ini semua sudah terdaftar, dan sudah di data KPU. Mari kita songsong Pilkada di Kota Metro ini, semoga dapat berlangsung aman, tertib dan jujur," pungkasnya.

Kategori :