Dinsos Kota Metro Maksimalkan Bantuan ke Penyandang Disabilitas

Selasa 08-10-2024,21:01 WIB
Reporter : Ruri Setiauntari
Editor : Anggri Sastriadi

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro berupaya untuk memaksimalkan pelayanan kepada penyandang disabilitas, dengan memberikan kepedulian penuh kepada mereka.

Kepala Dinas Sosial Metro, Amanto melalui Sekretaris Dinas Sosial Kota Metro, Mulya Apriani mengatakan, program kepedulian terhadap penyandang disabilitas disalurkan melalui berbagai macam bantuan. 

"Diantaranya seperti memberikan bantuan alat kesehatan sampai bantuan permodalan," kata dia.

Mulya melanjutkan, selain program kepedulian, Pemkot melalui Dinsos Kota Metro juga memberikan program pelatihan seperti merajut, sulam tapis, menjahit, membuat tas, dan membatik.

BACA JUGA:Damkarmat Mesuji Catat 36 Non Kebakaran Sepanjang Januari dan September

Kemudian bantuan alat kesehatan yang diberikan antara lain alat bantu jalan, tongkat kaki tiga, kursi roda, tongkat netra, serta tangan dan kaki palsu.

"Banyak bantuan yang diberikan. Ada juga bantuan makanan kepada 6 disabilitas yang sudah tidak memiliki keluarga di Kota Metro sebanyak 2 kali sehari. Bantuan tambahan modal usaha bagi penyandang disabilitas yang sudah msmpunyai usaha," jelasnya.

Mulya menuturkan, alokasi anggaran untuk bantuan kepada penyandang disabilitas berasal dari anggaran APBD maupun APBN.

Mulya menambahkan, di tahun 2025 mendatang, Dinas Sosial Kota Metro pun telah menargetkan untuk pemberian bantuan kepada penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Pemasangan APK di Kota Metro, Waru Komitmen Ikuti Aturan

"Untuk target bantuannya itu meliputi bantuan alat kesehatan, bantuan pakaian, bantuan tambahan modal usaha, sampai dengan bantuan tambahan modal usaha untuk keluarga penyandang disabilitas serta ATENSI dan PKH," ungkapnya.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial Kota Metro, bantuan kepada penyandang disabilitas disalurkan kepada 640 penyandang disabilitas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang terdiri dari 378 laki-laki dan 267 perempuan.

Kategori :