Tegaskan Pembangunan di Pesawaran Dengan Skala Prioritas

Tegaskan Pembangunan di Pesawaran Dengan Skala Prioritas

radarlampung.co.id - Pemerintah Kabupaten Pesawaran memberikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah bekerja keras dalam membahas Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018.

\"Saya menyadari bahwa pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 belum menyentuh kebutuhan dan aspirasi seluruh masyarakat. Pembangunan yang sudah, sedang dan akan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan dengan penentuan skala prioritas,\" tegas Wakil Bupati Pesawaran Eriawan saat membacakan sambutan tertulis Bupati Dendi Ramadhona pada rapat paripurna persetujuan bersama Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Pesawaran Tahun Anggaran 2018, Jumat (5/7).

Menurut dia, kondisi tersebut  disebabkan oleh masih rendahnya kapasitas fiskal pemerintah daerah. Oleh karena itu, ke depan pemerintah daerah bersama DPRD untuk bersama-sama meningkatkan kapasitas fiskal.

Di mana, laporan keuangan Pemkab Pesawaran tahun anggaran 2018 telah diaudit oleh tim auditor BPK RI Perwakilan Lampung berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Nomor:21A/LHP/XVIII.BLP/05/2019, tanggal 21 Mei 2019 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

\"Penghargaan opini dengan standar tertinggi ini untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Untuk itu saya berharap kita dapat mempertahankan opini tersebut di tahun yang akan datang,\" sebut dia.

Dijelaskan, hasil pembahasan antara TAPD dan Badan Anggaran DPRD serta memedomani hasil Audit BPK diperoleh kesimpulan bahwa dari sisi pendapatan tahun 2018 sebesar Rp1,285 triliun dan dari sisi belanja sebesar Rp1,340 triliun. Sehingga terjadi defisit anggaran sebesar Rp54,383 miliar.

\"Defisit ini ditutup dengan penerimaan pembiayaan Rp59,559 miliar dan pengeluaran pembiayaan sebesar Rp1,650 miliar, sehingga pembiayaan bersih sebesar Rp57,909 miliar. Berdasar perhitungan, terdapat Sebuah sebesar Rp3,526 miliar,\" urainya.

Lebih lanjut Eriawan mengungkapkan, laporan pertanggungjawaban tersebut merupakan cerminan tingkat kinerja seluruh program dan kegiatan OPD.

Diharapkan kepada seluruh kepala OPD dan jajarannya agar terus bekerja keras, bahu membahu untuk mengoptimalkan pelaksanaan APBD tahun yang sedang berjalan. Sehingga pencapaian visi dan misi Kabupaten Pesawaran lebih maju dan lebih sejahtera dapat terwujud. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: