Iklan Bos Aca Header Detail

Teknologi Manajemen

Teknologi Manajemen

Ternyata selalu ada jalan keluar. Selalu.

\'Pasar\' jalur Indonesia-Tiongkok tetap ada. Meski tidak banyak lagi.

Peluang itu, sekecil apa pun, dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan penerbangan Tiongkok.

Airlines itu minta izin mengadakan penerbangan carter seminggu sekali. Memang tidak bisa lagi langsung dari Jakarta ke salah satu kota di Tiongkok. Izin untuk itu sudah ditutup --sejak Covid-19 merajalela di dua negara.

Tapi Indonesia masih mengizinkan penerbangan dari Jakarta ke Phnom Pehn, ibu kota Kamboja. Dan sebaliknya.

Indonesia adalah sahabat baik Kamboja. Kamboja adalah sahabat terbaik Tiongkok.

Dalam keadaan normal tidak ada penerbangan jurusan Indonesia-Kamboja. Pasarnya terlalu kurus.

Kebetulan Kamboja masih belum area merah. Jumlah penderita Covid-19 di Kamboja kurang dari 125 orang. Itu pun terbanyak dari keluarga Muslim di wilayah selatan. Yang tertular saat menghadiri acara besar Jamaah Tabligh di dekat Kuala Lumpur dulu itu.

Dari hari ke hari pertambahan penderitanya pun sangat kecil. Sudah beberapa hari ini tidak ada pertambahan. Bahkan tidak satu pun ada yang meninggal.

Kamboja telah dipilih oleh Tiongkok sebagai \'terminal transit\' penerbangan carter. Khusus untuk penumpang kepepet dari Indonesia dan Filipina.

Dari Kamboja itu pesawat tidak boleh ke tujuan semauanya. Tiongkok sudah menetapkan dari Kamboja hanya boleh ke satu kota: Zhengzhou. Agar penanganan virusnya terkontrol.

Tiongkok sudah mengatur: pesawat dari negara mana harus mendarat di kota mana.

Justru Tiongkok sekarang yang khawatir Covid-19 kembali mewabah di sana. Yang sumbernya dari luar negeri.

Tapi Tiongkok juga tidak mau menutup diri. Harus tetap ada penerbangan ke Tiongkok --meski terbatas. Agar ekonomi tidak macet.

Kuncinya di kemampuan manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: