Iklan Bos Aca Header Detail

Layani Penukaran Uang Lebaran, BI Lampung Siapkan Rp 5 T

Layani Penukaran Uang Lebaran, BI Lampung Siapkan Rp 5 T

Radarlampung.co.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) provinsi Lampung mulai mempersiapkan uang rupiah pecahan besar dan kecil untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang masyarakat lebaran Tahun ini. Adapun dana yang disiapkan mencapai Rp5 triliun.

Kepala BI Lampung Budiharto Setyawan mengatakan bahwa untuk melaksanakan kegiatan penukaran uang, BI telah bekerjasama dengan seluruh kantor cabang perbankan di Lampung guna melayani penukaran uang bukan hanya bagi nasabahnya, tetapi juga termasuk masyarakat umum.

\"Selain itu, kita juga akan melayani penukaran di lokasi tertentu. Misalnya di Bakauheni, selain kita layani (penukaran uang, Red) di dermaganya, kita juga akan melayani di dalam Kapal Ferinua,\" ujarnya kepada Radarlampung.co.id, Senin (6/5).

Kemudian, sambung dia, BI dan sejumlah perbankan juga akan melayani penukaran uang dibeberapa titik pusat keramaian. \"Kalau biasanya untuk di Bandarlampung, kita akan bekerjasama dengan teman-teman perbankan untuk melayani penukaran di lapangan Saburai,\" tambahnya.

Di samping itu, Budiharto menyatakan guna mengantisipasi peredaran uang palsu, masyarakat diharapkan tetap menukarkan uang melalui jalur resmi perbankan. Hal ini dilakukan untuk menjamin keaslian uang rupiah serta kesesuaian jumlah uang yang diberikan pada masyarakat.

Lebih jauh dijelaskan, BI memandang adanya kenaikan kebutuhan uang rupiah pada lebaran tahun ini, dibandingkan tahun sebelumnya. Dalam perhitungan tersebut, ada dua hal yang menjadi indikator penilaian. Yakni pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

\"Kalau kita lihat pertumbuhan ekonomi (Lampung, Red) sekitar 5,2 persen. Sedangkan inflasi sekitar 3 persen, jadi minimum kita menyedikan peningkatan (uang rupiah, Red) 8 persen dari tahun sebelumnya. Tapi untuk jaga-jaga kita menyiapkan sampai 10 persen, untuk mengantisipasi apabila ada lonjakan permintaan dari masyarakat,\" tandasnya. (ega/kyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: