BPKD Luncurkan Website Klinik Pembelajaran Pengelola Keuangan

BPKD Luncurkan Website Klinik Pembelajaran Pengelola Keuangan

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Tanggamus membuat terobosan dengan meluncurkan website klinik pembelajaran pengelolaan keuangan daerah.

Klinik pembelajaran tersebut dibentuk guna menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkompeten pada bidang keuangan. Sehingga tidak ada kesalahan saat dilakukan audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kepala BPKD Suaidi mengatakan, klinik pembelajaran pengelolaan keuangan tersebut berdasar keputusan Bupati Tanggamus Nomor B.249/42/08/2021 tentang pembentukan tim klinik pembelajaran peningkatan kapasitas SDM pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Tanggamus.

\"Nantinya akan disesuaikan dengan bidang keuangan yang ada. Meliputi perencanaan, penatausahaan, pelaporan sampai dengan pertanggungjawaban keuangan,\" kata Suaidi didampingi Sekretaris BPKD Andriansyah.

Dengan adanya penguatan melalui pembelajaran keuangan ini, tidak ada kesalahan, baik dalam SPj., penganggaran, maupun pertanggungjawaban keuangan yang ada di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Suaidi menjelaskan, penerapan website klinik pembelajaran pengelolaan keuangan akan dimanfaatkan oleh seluruh OPD di Tanggamus. Sebab pertanggungjawaban keuangan ada di OPD masing-masing.

Seperti pengguna anggaran, bendahara penerima, bendahara pengeluaran, serta bendahara barang. Sementara BPKD dalam hal ini merupakan koordinator operasional pembinaan bidang pengelolaan keuangan.

\"Jadi nantinya, website pembelajaran pengelolaan keuangan bisa diakses oleh seluruh OPD di ruang lingkup keuangan. Mulai dari kepala dinas atau kepala badan, sampai dengan bendahara barang, sehingga nantinya pada saat OPD membutuhkan bagaimana tata cara penataanusahan keuangan, SPj. suatu pekerjaan, dan lainnya tinggal klik disana nanti ada caranya,\" terangnya.

Dilanjutkan, BPKD dalam rangka menggulirkan program website pembelajaran pengelolaan keuangan tersebut bekerjasama dengan perguruan tinggi, badan pengawas keuangan dan pembangunan (BPKP) dan pihak berkompeten lainnya.

Selain itu, BPKD sudah menyosialisasikan website klinik pembelajaran pengelolaan keuangan kepada seluruh OPD melalui aplikasi zoom meeting

\"Dalam website itu nanti ada contact person klinik per bidang. Misalnya klinik bidang anggaran, sehingga sesuatu yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan bidang anggaran bisa dibuka diklink tersebut,\" jelas Suaidi.

Suaidi juga mengatakan dalam waktu dekat ini website tersebut bisa diakses. Harapannya dapatĀ  dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh OPD. (ehl/rnn/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: