Pastikan Harga dan Keamanan Pangan, Tim HBKN Sidak Pasar Tradisional

Pastikan Harga dan Keamanan Pangan, Tim HBKN Sidak Pasar Tradisional

RADARLAMPUNG.CO.ID - Guna memastikan ketersedian, keamanan dan stabilitas harga pangan, tim monitoring Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Pesawaran inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Gedongtataan.

Kepala Bagian Pengembangan Perekonomian Daerah Merni Litayanthi mengatakan, pihaknya juga sidak di Pasar Hanura.

\"Selanjutnya kita agendakan di Pasar Kedondong dan Tegineneng. Termasuk nanti menjelang Idul Fitri,\" kata Merni, Senin (12/4).

Tim HBKN terdiri dari Dinas Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, Polres Pesawaran, Dinas Kesehatan dan dinas terkait lainnya.

Secara periodik tim HBKN memantau ketersediaan dan harga sembako yang dilaporkan secara rutin. \"Untuk menjaga stabilitas harga, Insya Allah pemda akan gelar pasar murah,\" ucapnya.

Berdasar sidak di Pasar Gedongtataan, terjadi kenaikan pada beberapa bahan pangan pokok. Antara lain daging sapi murni, dari harga Rp120 ribu menjadi Rp140 ribu per kilogram.

Kemudian daging ayam Broiler atau ayam potong, dari harga Rp38 ribu menjadi Rp40 ribu, ayam kampung dari harga Rp55 ribu menjadi Rp75 ribu.

Sedangkan sejumlah bahan pangan pokok yang mengalami penurunan adalah beras, dari harga Rp9.500 menjadi Rp9.000 per kilogram.

Lalu cabai Merah dari harga Rp40 ribu menjadi Rp35 ribu dan ikan teri segar dari harga Rp35 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pesawaran Awaludin mengatakan, secara keseluruhan kondisi pangan ditinjau dari sisi ketersediaan, keamanan maupun harga masih terjamin.

Tim juga memantau keamanan pangan dengan melakukan pengecekan sampel pangan sayur segar untuk pengujian uji kadar pestisida di pasar Sukaraja. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: