Deteksi Penyakit Sejak Dini, UPT Puskesmas Hanura Berikan Pelayanan Kesehatan

Deteksi Penyakit Sejak Dini, UPT Puskesmas Hanura Berikan Pelayanan Kesehatan

radarlampung.co.id - UPT Puskesmas Hanura memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatam Teluk Pandan dalam upaya untuk mendeteksi resiko penyakit sejak dini.

Kepala UPT Puskesmas Hanura, Nazlina Mayanti, mengatakan, pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi warga Desa Sukajaya Lempasing saat pelaksaan Musrenbang tingkat kecamatan diberikan kepada warga yang ingin melalukan pemeriksaan kesehatan.

\"Pelayanan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kadar gula, kolesterol, asam urat, tekanan darah, berat badan, lingkar perut, tinggi badan, berat badan, serta pemeriksaan kadar Co2 di dalam paru-paru dan darah,\" ungkap  Nazlina Mayanti, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Harun Tri Djoko, Minggu (8/3).

Dikatakan, pelayanan pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan untuk melakukan deteksi dini terhadap resiko penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit paru-paru.

\"Kegiatan ini juga untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko,\" ucapnya.

Yanti menambahkan, bagi masyarakat dalam kondisi sehat telah dilakukan pemeriksaan, maka pihak puskesmas memberikan penyuluhan agara masyarakat dapat menghindar dari resiko penyakit.

\"Salah satu tujuan kegiatan ini juga untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal dengan upaya preventiv seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan ke Puskesmas,\" tandasnya. (esn/ozi/ang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: