Satu Warga Positif Corona, Pemkab Lambar Sterilisasi Wilayah

Satu Warga Positif Corona, Pemkab Lambar Sterilisasi Wilayah

radarlampung.co.id - Bupati Lampung Barat Prosil Mabsus mengeluarkan sejumlah kebijakan terkait penanganan wabah virus Corona (Covid-19). Ini menindaklanjuti adanya satu pasien positif dari kabupaten itu.

Kebijakan tersebut meliputi sterilisasi wilayah, jaminan hidup, keamanan bagi pasien dan keluarga selama masa karantina. Kemudian asupan gizi orang tua, balita dan ibu hamil.

\"Daerah yang menjadi endemik Covid-19 akan disterilisasi selama 14 hari secara rutin. Pola di Vietnam seperti ini dan berhasil. Jadi, Pemkab Lambar bersama aparat pekon, TNI, Polri dan pihak lainnya menjaga semua pintu masuk pekon. Melakukan pendataan tamu, pemeriksaan kesehatan hingga penyemprotan disinfektan kepada semua tamu tanpa terkecuali,\" tegas Parosil, Jumat (3/4).

Pakcik--sapaan akrab Parosil--melanjutkan, pasien dan keluarga terdampak Covid-19 akan mendapatkan program jaminan hidup dari Pemkab Lambar. Lalu jaminan keamanan melalui penjagaan oleh pihak terkait selama masa karantina hingga penyembuhan.

\"Jadi, pasien dan keluarga terdampak tak lagi memikirkan kebutuhan hidup serta pengobatan lagi. Mereka hanya fokus pada proses penyembuhan dan pemulihan saja. Disinilah negara hadir. Menjadi solusi bagi problem pokok rakyat saat darurat,\" kata dia

Tidak hanya itu. Untuk memperkuat dua kebijakan tersebut, pemkab akan memberikan stimulus berupa paket hidup sehat. Ini dilakukan melalui penyediaan asupan gizi secara teratur dan rutin kepada kalangan rentan Corona berdasar katagori usia masyarakat.

\"Selain jalur medis, kita juga wajib berserah diri. Beribadah dan berdoa, memohon agar perjuangan ini diberi kemudahan dari sang pencipta. Jadi saya mengajak warga Lambar berpartisiplasi untuk mengirim doa bersama sesuai dengan kepercayaan masing-masing serentak setiap harinya sehabis magrib dikediaman masing-masing\" pungkasnya. (nop/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: