Iklan Bos Aca Header Detail

Sekolah dan Pekon di Lambar Banyak Menunggak Pajak

Sekolah dan Pekon di Lambar Banyak Menunggak Pajak

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sekolah dan pekon di Lampung Barat banyak yang belum menyetorkan pajak.  Hal ini diketahui berdasar hasil pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat.

Sebagai tindak lanjut pemeriksaan, Inspektorat memanggil kepala sekolah untuk dimintai keterangan terkait hasil temuan tersebut.

Inspektur Lambar Nukman mengungkapkan, tindak lanjut hasil pemeriksaan tahun 2019, banyak ditemukan sekolah atau satuan pendidikan yang tidak membayar pajak. Baik pajak pertambahan nilai (PPN) maupun pajak penghasilan (PPh).

“Permasalahannya, kepala sekolah mengetahui pembayaran pajak sejak mereka ditugaskan atau menjabat saja. Sementara sebelumnya sekolah itu sudah banyak tunggakan,\" kata Nukman, Selasa (28/7).

Terkait temuan soal pajak tersebut, lanjut Nukman, pihaknya menyarankan kepada OPD untuk memberikan pemahaman kepada seluruh sekolah  agar ke depan tidak ada lagi yang menunggak pajak.

“Pajak harus dibayar. Sebab sampai kapan pun akan menjadi temuan oleh tim pemeriksa. Solusinya, harus tetap dibayar,” tegas Nukman.

Dilanjutkan, bukan hanya sekolah.  Pekon juga banyak yang belum membayar pajak. Contohnya Pekon Ciptamulya, Kecamatan Kebuntebu dengan tunggakan pajak mencapai Rp60 juta. Sementara peratin sebelumnya sudah meninggal dunia.

“Persoalan yang terjadi di Pekon Ciptamulya itu akan kami diskusikan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon serta instansi lainnya. Seperti apa solusinya,\" tandasnya. (lus/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: