Hingga Kemarin, 41 Wali Kota Terkonfirmasi Akan Hadiri HUT APEKSI

Hingga Kemarin, 41 Wali Kota Terkonfirmasi Akan Hadiri HUT APEKSI

Pj. Sekkot Bandarlampung Sukarma Wijaya. Foto: Prima Imansyah Permana/Radarlampung.co.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Panitia daerah Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) telah merampungkan skedul HUT APEKSI ke-22 yang akan berlangsung di Kota Bandarlampung pada 27-29 Mei mendatang.

Penjabat Sekretaris Kota (Pj. Sekkot) Bandarlampung Sukarma Wijaya mengatakan, mulai besok (25/5) tim teknis lokal mulai menyiapkan kendaraan, LO, dan lainnya. Sebab, Kamis (26/5) pihaknya mulai menerima delegasi yang telah mengkonfirmasi hadir.

"Jadi kehadiran mulai Kamis (26/5) walaupun kegiatan dimulai Jumat (27/5)," ujarnya saat ditemui di area Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, Selasa (24/5).

Sehingga, kata Sukarma, selain kesiapan teknis seperti penyiapan kendaraan dan lainnya, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Polresta.

Sebab, menurut Sukarma Kapolresta mengharapkan Safety mulai dari kelayakan kendaraan, termasuk driver yang membawa tamu harus dipastikan sehat dan fit, pun jangan sampai ada yang narkoba.

"Ini dari Satnarkoba juga sudah berkoordinasi InsyaAllah besok ada kesiapan apel kendaraan termasuk sopir sekaligus di cek urine. Sopirnya dari penyelenggara tour yang kita sewa kendaraannya," tuturnya.

Untuk wali kota yang menkonfirmasi hadir, lanjutnya ada 41 wali kota yang telah konfirmasi langsung hadir tanpa perwakilan.

Namun, ia mengaku tidak menutup kemungkinan akan ada wali kota lainnya yang mengkonfirmasi hadir yang dapat dipastikan besok.

"Jadi kalau sampai per kemarin Senin ada 41 wali kota langsung hadir," ucapnya.

Sementara, disinggung pejabat negara yang akan hadir, Sukarma mengatakan ada MenteriPAN-RB Tjahjo Kumolo untuk meletakan batu pertama pembangunan gedung pelayanan terpadu dan membuka Ekspo di Graha Wangsa.

"Kemudian kita nantikan kehadiran pak Mendagri karena beliau selaku pembina APEKSI, Pak Teten (Menteri UMKM,red) akan hadir. Kita harapkan seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatir juga hadir," tuturnya.

Disinggung terkait anggaran yang disiapkan, tambahnya, Pemkot Bandarlampung menyiapkan Rp6 miliar untuk APEKSI ini. Tetapi terkait serapannya nanti dapat diketahui di akhir.

"Paling besar seperti hotel, karena hotel kita tanggung untuk semua delegasi selama tiga hari termasuk makan di situ, kendaraan, dan lainnya. Kalau lokasi fokus di Novotel, tapi kerjasama dengan EO Eksp di Graha Wangsa," ungkapnya. (pip)

Sumber: