Sosok Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, Riwayat Jabatan dan Pengalaman

Sosok Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, Riwayat Jabatan dan Pengalaman

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat pelantikan di Balai Keratun, Minggu (22/5). FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID -M. TEGAR MUJAHID-

RADARLAMPUNG.CO.IDKepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung Adi Erlansyah resmi menjabat sebagai Pejabat (Pj.) Bupati Pringsewu, terhitung Minggu (22/5).

Adi Erlansyah dilantik Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Pj. bupati lainnya, yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulpakar menjabat sebagai Pj. Bupati Mesuji serta Kepala Dinas Pemerintah Desa dan Transmigrasi (PDT) Lampung Zaidirina sebagai Pj. Bupati Tulangbawang Barat.

Sebelumnya, Adi pernah menjabat sebagai Pjs. Bupati Lampung Tengah (Lamteng). menggantikan Loekman Djoyosoemarto yang masa jabatan sebagai bupati habis pada 8 Februari 2021.

Adi Erlansyah lahir di Tanjungkarang pada 14 Februari 1964. Ia dikaruniai dua putra, hasil pernikahan dengan  Rusdiana Dewi Yusuf, S.E. Sulung bernama dr. Rezandi Aziztama dan anak kedua dr. Rivandi Arief Harista.

Lulusan pasca sarjana Magister Manajemen Universitas Lampung ini diangkat menjadi CPNS pada 1 Maret 1989 golongan III/a dan resmi diangkat menjadi PNS pada 1 Oktober 1990.

Riwayat jabatan dan pengalaman, Adi Erlansyah pernah menjabat sebagai Kasubbag Pembinaan Perusahaan Daerah dan Perbankan pada Bagian Perekonomian Sekretariat Bandarlampung pada tahun 1991.

Kemudian Kasi Pembukuan dan Pelaporan pada Dinas Pendapatan Daerah Kodya DATI II Kota Bandarlampung tahun 1993; Kasi Perencanaan dan Pengendalian pada Dinas Pendapatan Daerah Kodya DATI II Kota Bandarlampung pada 1994; Kasubbag Tata Usaha di Dinas Pendapatan Daerah Bandarlampung tahun 1999 dan Sekretaris Badan Perencanaan Daerah Bandarlampung tahun 2000.

Lalu, Sekretaris Badan Penanaman Modal dan Perizinan Bandarlampung, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Bandarlampung pada tahun 2008 serta Kepala Dinas Tata Kota Bandarlampung tahun 2010.


Selanjutnya, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lampung Tengah (Lamteng) tahun 2011 sampai 2019. Ia kembali ke Pemprov Lampung, menjabat sebagai Inspektur pada tanggal 2 Januari 2020, serta Pjs. Bupati Lamteng pada tanggal 26 September 2020.

Sampai hari ini, Adi Erlansyah masih menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung sejak tahun 2021.

Selama berkarir menjadi ASN, Adi Erlansyah pernah meraih penghargaan atau tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya tahun 2009 dan 2019 oleh Presiden Republik Indonesia.

Selain itu, Adi juga pernah mengikuti kursus di South Asia Urban And City Management Course Jaipur India pada 2002.

Dengan jabatan dan pengalaman itu, akhirnya Adi Erlansyah ditunjuk sebagai Pj. Bupati Pringsewu oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menjabat selama satu tahun melalui proses tim penilaian akhir (TPA). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: