CJH Tuba Ikuti Manasik, Daftar Tunggu Haji Capai 7.900 Orang

CJH Tuba Ikuti Manasik, Daftar Tunggu Haji Capai 7.900 Orang

Para CJH asal Tulangbawang mengikuti kegiatan manasik haji di Aula Islamic Center Menggala. Foto M. Zainal Arifin/Radarlampung.co.id --

TULANGBAWANG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 122 calon jamaah haji (CJH) asal Tulangbawang (Tuba) mengikuti manasik haji di Aula Masjid Baiturrahman, Komplek Islamic Center Menggala, Rabu (25/5).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tulangbawang Sanusi mengatakan, 122 orang CJH yang mengikuti manasik adalah jamaah yang telah menyelesaikan pelunasan keberangkatan.

122 orang CJH asal Tulangbawang tersebut terdiri dari 59 laki-laki dan 63 wanita. Jumlah tersebut termasuk petugas haji daerah (PHD).

Para CJH akan mengikuti serangkaian kegiatan manasik selama dua hari. Terhitung sejak 25 hingga 26 Mei 2022.

Beberapa kegiatan yang akan diikuti CJH yakni melakukan suntik meningitis.

Sanusi menjelaskan, para CJH juga akan mengikuti manasik haji tingkat kecamatan. Kegiatan itu akan dilaksanakan setelah manasik haji tingkat kabupaten selesai.

Manasik haji tingkat kecamatan akan digelar 4 kali pertemuan, dengan jumlah minimal 45 orang jamaah.

"Kami berharap para CJH dapat mengikuti manasik haji ini dengan baik dan sungguh-sungguh. Sehingga diharapkan kedepan pengetahuan dan wawasan tentang cara dan rukun ibadah haji dapat bertambah," kata Sanusi.

Pada bagian lain, ia juga menerangkan jika daftar CJH Tulangbawang yang telah mendaftar sebanyak 7.900 orang.

Sementara itu, Bupati Tulangbawang Winarti melalui Sekretaris Kabupaten (Sekab) Anthoni mengatakan, pemerintah daerah bersyukur tahun ini CJH Tulangbawang dapat menunaikan ibadah haji setelah 2 tahun tidak ada pemberangkatan akibat pandemi Covid-19. 

"Alhamdulillah tahun ini CJH Kabupaten Tulangbawang dapat menunaikan ibadah haji kembali. Selalu jaga kesehatan dan tetap terapkan protokol kesehatan," pesan Bupati melalui Anthoni.

Melalui manasik haji ini, kata Anthoni, para CJH diharapkan mengetahui kebijakan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji.

Termasuk bagaimana mendapatkan pelayanan kesehatan saat pandemi saat ini.

"Pemkab Tulangbawang akan terus bersinergi dan kerjasama dengan Kemenag untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan ibadah haji," tandasnya. (nal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: