Untuk Warga Pesisir Pesawaran, Waspada Banjir Rob!

Untuk Warga Pesisir Pesawaran, Waspada Banjir Rob!

ILUSTRASI/FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID--

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Masyarakat di pesisir Pesawaran diimbau waspada terhadap cuaca ekstrem. Ini menyusul peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terhadap sejumlah daerah mengenai potensi banjir rob.

"Untuk warning terkait banjir rob seperti apa yang disampaikan oleh BMKG, sudah otomatis diketahui hingga camat. Karena ada grupnya (informasi). Mereka sudah monitor semua," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesawaran Sopyan Agani.

Sopyan menuturkan, untuk larangan melaut, itu menunggu informasi dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Seperti Dinas Perhubungan, Dinas Perikanan maupun Dinas Kelautan Lampung. 

"Kalau itu (larangan melaut, Red) dikeluarkan oleh dinas terkait. Melalui KTNA juga sudah diberikan informasi terkait ramalan cuaca seminggu ke depan," jelasnya

Namun demikian, lanjutnya, masyarakat pesisir Pesawaran, khususnya Kecamatan Teluk Pandan, hingga Padang Cermin sudah lebih siap jika sewaktu-waktu terjadi banjir rob.

"Jangan terlalu panik. Namun juga kita imbau agar masyarakat tetap waspada," tegasnya. 

Antisipasi lain, BPBD berkoordinasi dengan OPD terkait menyikapi ramalan cuaca yang berpotensi rob tersebut. Tim reaksi cepat, selalu tanggap dan siap siaga jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Termasuk jika banjir rob terjadi. 

"Kita berharap itu (rob) tidak melanda," tandasnya. (ozi/ais)

Sumber: