Bunda Eva 2 - Iklan Prima

Profil Airlangga Hartarto : Ikuti Jejak Ayahanda Sebagai Menteri

Profil Airlangga Hartarto : Ikuti Jejak Ayahanda Sebagai Menteri

RADARLAMPUNG.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto, kini menjadi perhatian publik. Itu setelah Ia berkonsolidasi dengan beberapa parpol (Partai Politik).

Beredar kabar, Ketua Umum Partai Golkar Ini akan maju menjadi Calon Presiden RI untuk menggantikan Joko Widodo yang sudah habis masa berlakunya.

Pria kelahiran 1 Oktober 1962 ini merupakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia periode 2019-2024 pada Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo-K.H Ma'ruf Amin.

BACA JUGA:'Saya Ingin Pulang'

Bahkan, Airlangga Hartarto juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin pada perombakan Kabinet Kerja pada masa Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Jabatan sebagai Menteri di Republik Indonesia ini, mengikuti jejak sang Ayahanda, yakni Ir. Hartarto yang pernah menjabat Menteri Perindustrian pada Kabinet Pembangunan IV (1983-1988), Kabinet Pembangunan V (1988-1993) dan Menteri Koordinator bidang Produksi dan Distribusi (Menko Prodis) pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998).

Dalam hal organisasi, Airlangga Hartarto sempat menahkodai  Persatuan Insinyur Indonesia (PII) periode 2006-2009, Ketua Dewan Insinyur PII 2009-2012.

BACA JUGA:Jembatan Merah

Airlangga Hartarto juga merupakan anggota Majelis Wali Amanah Universitas Gadjah Mada Yogyakarta s.d. tahun 2012 dan menjadi pemrakarsa Herman Johannes Award, yakni suatu penghargaan bagi inovasi teknologi saat ia menjabat Ketua Keluarga Alumni Fakultas Teknik UGM (KATGAMA) pada tahun 2003.

Untuk urusan pendidikan, Airlangga Hartarto sudah tidak diragukan lagi. Ia merupakan lulusan SMA Kolese Kanisius Jakarta pada tahun 1981 dan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada pada tahun 1987.

Bahkan, Airlangga Hartarto mendapat gelar MBA dari Universitas Monash, Australia tahun 1996 dan Master of Management Technology (MMT) dari Universitas Melbourne, Australia, tahun 1997.

BACA JUGA:PLN dan Mitra Kolaborasi Terapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan Guna Ciptakan Iklim Usaha yang Sehat dan Ber

Dalam memimpin sebuah organisasi, Airlangga Hartarto sudah terbiasa sejak duduk di bangku sekolah. Sebab, Ia aktif sebagai Wakil Ketua OSIS SMA Kanisius dan terpilih menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM. Dia juga pernah menjadi Ketua Barisan Muda Kosgoro 1957.

Bekalnya dalam berorganisasi di waktu sekolah, membuat Airlangga Hartarto dipercaya memimpin beberapa organisasi, salahsatunya sebagai Ketua Asosiasi Emiten Indonesia periode 2011-2014.

Sumber: wikipedia