KPU Lampung Genjot SDM PNS di Lingkungan Sekretariat

KPU Lampung Genjot SDM PNS di Lingkungan Sekretariat

--

RADARLAMPUNG.CO.ID -  Pusat Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan Setjen KPU RI bersama dengan KPU Provinsi Lampung menggelar acara Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu kepada PNS di Lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Lampung dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung, Senin (06/06/2022).

Giat diikuti 246 Peserta yang terdiri dari Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan dan Staf pelaksana ini berlangsung selama satu hari penuh di Hotel Swissbel, Bandarlampung. 

Diawali dengan pengantar sekretaris KPU Provinsi Lampung, Mashur Sampurna Jaya, Sambutan Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami dan dilanjutkan dengan pengarahan Sekjend KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno melalui media video. 

BACA JUGA:Menyongsong Pemilu 2024, KPU dan Radar Lampung Siap Berkolaborasi

Kegiatan juga menghadirkan Fungsional Ahli Utama Tata Kelola Pemilu Sigit Joyowardhono, sebagai pengantar pelatihan dan Narasumber dari Dewan Pakar KPU, Mochamad Nurhasim.

Dalam sambutannya, ketua KPU Provinsi Lampung menyampaikan pentingnya tata kelola dalam penyelenggaraan Pemilu.

Menurutnya, tata kelola Pemilu merupakan hal fundamental dalam mewujudkan demokrasi elektoral yang berintegritas yang menyangkut kelembagaan Pemilu sebagai aspek utama selain aspek lainnya yakni sistem Pemilu dan proses pemilu, manajemen Pemilu dan sistem penegakan hukum Pemilu.

BACA JUGA:Mantan Komisioner KPU ini Berlabuh ke PDIP Lampung

Dia menjelaskan bahwa KPU dituntut untuk memiliki integritas, pemahaman dan profesional, sehingga penyelenggara pemilu perlu diperkuat dengan dibekali pemahaman dan keterampilan teknis kepemiluan melalui pelatihan dasar tata kelola pemilu.

"Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kompetensi dasar dalam Tata Kelola Pemilu, meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap/etos kerja bagi PNS Sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, serta mengonsolidasikan organisasi yang bersifat hirarki dalam satu kesatuan manajemen kepegawaian menyongsong Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024," kata dia. 

Dijelaskan, peserta akan dibekali dengan materi terkait Dasar-Dasar Pemilu dan Demokrasi, Materi Kesekretariatan Penyelenggara Pemilu Independen dan Materi Pembelajaran Pengalaman dan Studi Khusus terkait penyelenggaraan Pemilu.

BACA JUGA:Kabar Duka, Mantan Ketua KPU Lampung Berpulang

Turut hadir dalam kegiatan Anggota KPU Provinsi Lampung, Ali Sidik, Antoniyus, M Tio Aliasnyah dan Agus Riyanto.

Sementara, dalam Audiensi bersama jajaran manajemen Radar Lampung, Erwan mengatakan terkait anggaran Pilpres masih dibahas dan di finalisasi pusat. Dimana, keputusan anggaran di masing-masing daerah bergantung dengan pusat menyesuaikan kondisi-kondisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: