Disdikbud Bandar Lampung Ingatkan Orang Tua Lebih Teliti Mendaftar PPDB

Disdikbud Bandar Lampung Ingatkan Orang Tua Lebih Teliti Mendaftar PPDB

Radar Lampung Online - Disway National Network-radarlampung.co.id-

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandar Lampung mengingatkan orang tua untuk teliti dalam memilih jalur penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Kasi Kelembagaan Mulyadi Syukri mewakili Kepala Disdikbud Bandar Lampung Eka Afriana mengungkapkan, tahapan PPDB berlangsung mulai bulan ini. 

Untuk jenjang TK, mulai 13 Juni hingga 3 Juli. Kemudian SD 4-7 Juli dan seleksi berkas dua hari 8-9 Juli. Lalu SMP pada 4-6 Juli bagi jalur zonasi (Billing) atau afirmasi serta 13-16 Juli zonasi reguler dan perpindahan orang tua.

BACA JUGA:BKD Bandar Lampung Data 1.057 Honor Bakal Beralih Menjadi Outsourcing

"Ada pendaftaran gelombang kedua untuk sekolah yang belum memenuhi kuota," kata Mulyadi Syukri.

Mulyadi menuturkan, orang tua diharapkan lebih teliti saat masuk aplikasi pendaftaran PPDB. Kemudian lebih aktif menanyakan proses pendaftaran kepada panitia. 

"Termasuk menimbang, apakah kondisi perekonomian baik-baik saja atau sebaliknya. Supaya siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu benar-benar tepat sasaran," imbuhnya. 

BACA JUGA:Isu 'Copet' Uang Bimtek Sentil DPRD Bandar Lampung

Dilanjutkan, tim verifikasi masing-masing sekolah disiapkan untuk memvalidasi berkas yang diajukan. Misalnya, untuk jalur zonasi yang menggunakan kartu keluarga baru agar lebih dekat dengan sekolah. 

"Kalau secara regulasi, siswa bisa menggunakan KK pindahan. Itu jika waktunya paling tidak mencapai satu tahun. Di bawah itu tidak bisa. Nanti ada tim dari verifikasi dari sekolah," tegasnya. 

Untuk jalur zonasi, orang tua dianjurkan mengambil pintasan dari maps secara lurus dari rumah dan sekolah.

BACA JUGA:UMK Dominasi Pengurusan NIB di OSS-RBA Bandar Lampung

"Penarikan maps-nya, dari rumah kalau menggunakan jalan akan berputar. Karena itu harus jalur lurus di google," urainya. 

Kemudian untuk jalur prestasi, Disdikbud Bandar Lampung memiliki kualifikasi sendiri yang diperuntukkan peserta didik berprestasi di bidang seni, olahraga, hafidz dan lainnya. (mel/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: