BPJS Kesehatan Hadirkan Booth Pelayanan di Festival Bumi Sai Wawai Metro

BPJS Kesehatan Hadirkan Booth Pelayanan di Festival Bumi Sai Wawai Metro

BPJS Kesehatan menghadirkan booth pelayanan di Festival Bumi Sai Wawai Metro yang berlangsung di Gedung Sesat Agung Bumi Sai Wawai, Jumat (10/6). FOTO ISTIMEWA--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Guna memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kepesertaan JKN, BPJS Kesehatan menghadirkan booth pelayanan dalam Festival Bumi Sai Wawai Kota Metro yang berlangsung di gedung Sesat Agung Bumi Sai Wawai, Jumat (10/6).

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Metro Anggraeni Putri Manikam menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya festival tersebut. Di mana, BPJS Kesehatan dapat ikut berpartisipasi dalam melayani masyarakat dengan menghadiran booth pelayanan.

“Biasanya kami melaksanakan program layanan di luar kantor cabang melalui program MCS (Mobile Customer Service). Yaitu kegiatan pelayanan kepesertaan di area yang sering dikunjungi oleh masyarakat serta dilaksanakan secara rutin,” kata Anggraeni.

BACA JUGA:DPRD Metro Dukung Peremajaan Fasilitas Olahraga

Anggraeni mengungkapkan, kegiatan pelayanan di luar kantor cabang dilaksanakan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan kepesertaan JKN.

Di antaranya pencetakan kartu, penambahan atau pengurangan jumlah anggota keluarga, pendaftaran sebagai peserta, perubahan data dan juga menjadi tempat pemberian informasi terbaru seputar Program JKN kepada peserta dan masyarakat.

Selain memberikan pelayanan kepesertaan, BPJS Kesehatan juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mempromosikan aplikasi mobile JKN dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (Pandawa) kepada pengunjung. Harapannya, aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

BACA JUGA:Anggaran Pilkada Metro Diusulkan Rp19,1 M

“Penggunaan aplikasi mobile JKN oleh peserta dan masyarakat sangatlah penting. Sebab banyak sekali informasi yang terdapat di aplikasi tersebut," ungkap Anggraeni.

Untuk layanan Pandawa, dapat diakses pada hari kerja mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. Peserta cukup mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp 08118165165 yang sudah disediakan. Kemudian peserta dihubungi dan dilayani sesuai kebutuhan administrasinya.

Dalam kegiatan ini, terlihat antusias masyarakat mengunjungi booth pelayanan BPJS Kesehatan. Salah satunya Nadia yang merupakan peserta JKN segmen peserta mandiri Kota Metro. Ia mengaku dimudahkan dengan hadirnya layanan BPJS Kesehatan pada kegiatan tersebut.

BACA JUGA:Dukung TMMD ke-113 Kodim 0411/KM, PSHT Ranting Rumbia Bantu Pengerjaan Jalan

“Ada beberapa hal ingin saya tanyakan terkait program JKN. Salah satunya adalah tata cara mendaftar program Rehab (rencana pembayaran bertahap). Menurut saya, hal tersebut sangat membantu peserta JKN yang ingin melunasi tunggakkan dengan cara mencicil,” ungkap  Nadia.

Nadia menuturkan, sebelumnya ia sudah pernah memanfaatkan layanan adminstrasi tanpa tatap muka dengan menghubungi Pandawa guna memperbaharui data domisili.

“Dengan adanya Pandwa, dapat membantu kami untuk mendapatkan layanan BPJS Kesehatan tanpa harus repot antre di kantor,” tutup Nadia. (rls/ais)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: