Potensi Ikan Pesawaran Besar, Sarana Prasarana Nelayan Kurang

Potensi Ikan Pesawaran Besar, Sarana Prasarana Nelayan Kurang

Radar Lampung Online - Disway National Network-radarlampung.co.id-

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dari 2.405 nelayan di Pesawaran, saat ini yang tergabung dalam kelompok usaha bersama (KUB) mencapai 178 kelompok. Rata-rata berjumlah 10 orang.

"Artinya, sekitar 1.780 nelayan yang sudah tergabung dalam KUB. Di Pesawaran, mayoritas hanya nelayan kecil dan tradisional dengan ukuran perahu lebih kurang 5 GT," kata Kepala Dinas Perikanan Joni Arizoni.

Joni mengungkapkan, Pesawaran memiliki potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar, dengan luas perairan laut 645 Km². Kemudian panjang garis pantai 96 Km dengan kedalaman rata-rata 50 meter.

BACA JUGA:Fokuskan Enam Program Kerja Kompetitif

"Untuk potensi penangkapan ikan lestari atau berkelanjutan sebesar 25 ribu ton per tahun," ucapnya.

Mantan Kepala Dinas Perizinan Pesawaran ini menambahkan, permasalahan yang sering dihadapi nelayan adalah kurangnya sarana dan prasarana. Ini memengaruhi hasil penangkapan ikan. 

Selain itu, untuk menjamin keselamatan jiwa nelayan, pihaknya bekerjasama dengan asuransi dalam hal perlindungan jiwa berupa asuransi. 

BACA JUGA:IKKD untuk Menilai Kepemimpinan Kepala Daerah

"Untuk membantu meningkatkan penghasilan nelayan, kita sudah membantu sarana dan prasarana nelayan seperti  mesin perahu, alat penangkapan ikan ramah lingkungan seperti jaring, bubu, pancing serta bantuan lainnya," urainya. (ozi/ais)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: