Warga Menjerit, Harga Bahan Pokok Cabai dan Bawang di Tubaba Meningkat

Warga Menjerit, Harga Bahan Pokok Cabai dan Bawang di Tubaba Meningkat

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID  - Harga kebutuhan pokok di Kabupaten Tulangbawang Barat seperti cabai dan bawang meningkat tinggi. Untuk cabai merah rata-rata di pasaran mencapai Rp80 ribu per kg, bahkan ada yang sudah mencapai Rp85 ribu rupiah. Selain itu juga bawang merah Brebes saat ini harganya mencapai 45.000 per kg. Kondisi ini sangat memprihatinkan karena kalangan ibu-ibu rumah tangga harus membagi uang belanja rumah tangganya dengan kebutuhan lain-lain. 

Mariani warga Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah tubaba provinsi Lampung mengatakan bahwa melambungnya harga cabai dan Bawang membuat kaum ibu-ibu menjerit. "Itu karena kebutuhan untuk satu bulan cukup tinggi, kondisi ini diperparah dengan melambungnya harga cabe dan bawang," tambah Solehah, warga Pasar Panaragan Jaya, Tuba Tengah. 

Berdasarkan peta antara Lampung pada hari Minggu dan Senin harga cabai dan Bawang memang cukup tinggi. Di pasar burung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tuban Berapa hari Minggu 12 Juni 2022 kemarin cabai Rp75-80 ribu per Kg, sementara  bawang dijual dengan harga Rp40-46 Ribu. " bawang merah kalau setengah 23 tapi sekilo Rp40 ribu,"ungkap Julian, di Pasar Pulung, Minggu 12 Juni 2022 kemarin.

Mereka berharap agar pemerintah Kabupaten tubaba melakukan langkah-langkah agar harga cabai dan Bawang tidak langsung meroket seperti dalam dua hari terakhir. "Ya gimana cara pemerintah daerah ini berupaya agar cabai dan bawang ini tidak terlalu tinggi seperti saat ini,"tutur Hera (45) warga Marga Kencana, Tubaba. (fei/ang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: