Polres Metro Fokus Tujuh Hal Dalam Ops Patuh Krakatau

Polres Metro Fokus Tujuh Hal Dalam Ops Patuh Krakatau

Apel gelar pasukan menjelang dimulainya Ops Patuh Krakatau 2022. Sumber Foto Polres Metro --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro memantau tujuh perilaku pengendara yang membahayakan pengguna jalan lainnya. Hal ini menyusul akan dimulainya operasi patuh Krakatau di Kota Metro.

Kapolres Metro AKBP Yuni Iswandari Yuyun, melalui Kasat Lantas AKP I Made Sudastra mengatakan, operasi patuh Krakatau akan berlangsung selama 14 hari ke depan. Oleh sebab itu, pengguna jalan raya harus melengkapi kendaraannya, dan kesadarannya.

"Operasi patuh Krakatau 2022 ini dilaksanakan selama 14 hari, jadi terhitung mulai tanggal 13 sampai dengan 26 Juni 2022 mendatang,” katanya, Senin (13/6).

Diungkapkannya, tujuh sasaran yang menjadi fokus kepolisian antara lain, pengendara yang masih di bawah umur. Berboncengan lebih dari satu orang. Pengendara yang menggunakan hp saat berkendara. Tidak menggunakan helm SNI. Pengendara mobil tidak menggunakan sabuk pengaman.

“Pengendara yang melebihi batas kecepatan. Pengendara melawan arus. Dan berkendara di bawah pengaruh alkohol,” ungkapnya.

Made menjelaskan, operasi patuh krakatau digelar guna menurunkan angka kecelakaan dan terbangunnya budaya tertib lalulintas.

"Jadi tujuannya ini untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, dan angka fatalitas. Lalu meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” ujarnya.

Ia menambahkan, operasi patuh krakatau tersebut juga diharapkan dapat menciptakan situasi Kamseltibcar Lantas yang mantap pada masa pandemi Covid-19. Serta menurunnya angka pertumbuhan, penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Metro.

"Sehingga dapat tersosialisasinya undang-undang republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan dan peraturan pemerintah terkait lainnya,” pungkasnya. (rur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: